Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Life Skill Berbasis Potensi Lokal di Kecamatan Tambangan

Daerah841 Dilihat

MNC Trijaya Mandailing Natal (11/06) (Tambangan) – Mandailing Natal – Dalam meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan mutu dari potensi lokal di 19 Desa yang ada di Kecamatan Tambangan di gelar pelaksanaan life skill, Senin (10/6/2024).

Pelaksanaan ini dilaksanakan di aula penginapan Nikoniko, Muara Mais Kecamatan Tambangan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, mulai dari tanggal 10-11 Juni 2024. Ada pun materi yang dilaksanakan adalah pelatihan sambung stek bibit tanaman, pembuatan pupuk kompos dan sosialisasi budidaya tanaman holtikultura.

Koordinator kegiatan, Ali Musa “Manto” mengungkapkan pelaksanaan life skill ini diikuti 7 orang perdesa dari 19 desa yang ada di Kecamatan Tambangan dengan menghadirkan 2 narasumber.

Monang Nasution selaku narasumber berharap setelah ada kegiatan pelaksanaan life skill ada pendampingan dilapangan.

“Ini seharusnya berkelanjutan agar tidak sia-sia kegiatan hari ini, berikutnya harus ada pelatihan pendampingan dilapangan. Organisasinya pun sudah kita siapkan,” katanya usai melaksanakan kegiatan hari pertama, Senin (10/6/2024).

Dia juga menyampaikan group WhatsApp sudah dibentuk dan yang akan melantik kelompok tani Kecamatan Tambangan ini nanti bisa ketua dari Provinsi Sumatera Utara.

“Tadi sudah saya kontak yang lantik kelompok tani di Kecamatan Tambangan bisa Ketua dari Provsu. Anggaran dasar rumah tangganya sudah saya kasih kepada mereka,” ujarnya.

Dengan adanya kelompok tani, menurut Monang dana CSR dari perusahaan bisa ditarik dan dimanfaatkan.

Salah satu peserta warga Desa Lumban Pasir, Agus Mulyadi (23) menuturkan, dia senang bisa mengikuti pelaksanaa life skill.

“Kita dapat ilmu dan mengerti terkait materi yang dihadirkan, dan harapan besar ke depan bisa mempraktekkannya dan berbagi ilmu dengan masyarakat desa Lumban Pasir,” ungkapnya.

Agus pun berharap kegiatan ini dilanjutkan ke tahap berikutnya agar ilmu yang diajarkan tidak lupa dan makin bertambah. (Joki Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *