Meski Gerimis, Peziarah di Panyabungan Tetap Ramai dan Semangat

Daerah1654 Dilihat

MNC Trijaya Mandailing Natal (09/03) (Panyabungan) – Meski hujan gerimis mengguyur wilayah kota Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal pada Jum’at (8/3/2024) sore, tak menyurutkan langkah masyarakat untuk melakukan ziarah kubur di beberapa Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Seperti terlihat di TPU Kelurahan Sipolu-Polu, Lintas Timur, Kecamatan Payabungan tetap ramai didatangi para peziarah. Hari Jum’at terakhir di bulan Sya’ban 1445 H dalam kalender Islam ini nampaknya diambil sebagai hari terbaik untuk melaksanakan tradisi ziarah ke makam keluarga jelang bulan Ramadhan.

TPU Sipolu-Polu tampak bersih dan ramai peziarah memadati area dalam dan luar makam. Kenderaan roda dua dan empat banyak terparkir, peziarah datang silih berganti walau kondisi cuaca hujan gerimis.

Irwan Ernanda, salah satu peziarah mengatakan dia bersama isterinya sengaja mengambil hari Jum’at terakhir di bulan Sya’ban berziarah ke makam orangtua dan sanak saudara.

“Sudah tradisi dalam keluarga jelang ramadhan kita ziarah kubur mendoakan orang tua dan saudara,” katanya, Jum’at (8/3/2024) sore.

Dia juga mengaku sering berziarah ke makam orang tua dan saudaranya.

Hal yang sama juga diutarakan peziarah lainnya, yakni Febby warga Lintas Barat Panyabungan ini datang beramai-ramai bersama keluarga besarnya ke TPU Sipolu-Polu.

Febby bersama keluarga terlihat duduk baca surat Yasin di sisi makam, mereka berdoa serta menabur bunga di atas makam.

Seiring tradisi ziarah jelang Ramadhan, pedagang batu putih bermunculan di pinggir jalan hingga dekat TPU. (Joki Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *