Lagi, Kebakaran Terjadi Di Kecamatan Siabu, Ketua Karang Taruna Minta DD Tampung Penanganan

Daerah367 Dilihat

MNC Trijaya Mandailing Natal (24/06) (Siabu) – Berulangkali terjadi kebakaran di desa-desa kecamatan Siabu kabupaten Mandailing Natal ( Madina), Sumut. Kerap terjadi kebakaran di desa-desa kecamatan Siabu dengan penyebab yang bervariasi, tak ayal sering terjadi karena korsleting listrik yang jadi penyebab dan lainnya.

Pemberitaan tentang kebakaran dari desa di kecamatan Siabu sering muncul di media online dan sosial media lainnya. Ketua karang taruna kecamatan Siabu Ringgo Siregar sering terjun memberikan motivasi dan santunan kepada korban kebakaran yang terjadi di kecamatan Siabu.

” Apa penyebab kebakaran di kecamatan Siabu sangat bervariasi namun tidak pernah dikaji untuk solusi agar tidak terjadi lagi pada rumah lainnya ” ungkap Ringgo Siregar, Siabu, Senin, (24/06/2024).

Ringgo Siregar bersama Tim sering bantu para korban kebakaran pada desa-desa di kecamatan Siabu melalui open donasi termasuk kebakaran di desa Sihepeng, Kelurahan Simangambat dan lainnya.

” Kita sangat miris dengan kejadian ini, seharusnya kita introspeksi diri dan pencegahan dini antisipasi kebakaran” lanjutnya

Dia menyarankan anggaran Dana Desa ( DD) dimanfaatkan untuk masyarakat langsung. Sosialisasi pencegahan kebakaran bisa jadi upaya pengecilan angka kebakaran khususnya di kecamatan Siabu.

” Masyarakat bersama pemerintah desa saling support memanfaatkan DD untuk kegiatan yang lebih efektif” terangnya

Dikatakannya, kebakaran itu merupakan musibah yang tidak bisa dielakkan namun bisa diantisipasi.

” Para korban kebakaran bisa rugi puluhan juta hingga ratusan juta, kadang korban kebakaran itu hanya mengontrak di rumah yang dia tempati, bisa dibayangkan betapa pilunya nasibnya” ujarnya lagi

Disebutkannya lagi, apalagi yang baru-baru ini terjadi kebakaran di desa Lumban Dolok yang menghanguskan 3 rumah. Kebakaran itu bisa terjangkit ke rumah lainnya, inilah tugas kita untuk antisipasi kebakaran lagi.

” Siapa yang disalahkan dan siapa yang ganti rugi? Hal itu tidak harus kita kaji sebab ini musibah namun yang perlu dikaji adalah antisipasi ” bebernya

Harap Ringgo, Masyarakat kecamatan Siabu khusus dan pemerintah desa bergandengan tangan untuk mendorong DD untuk melakukan sosialisasi antisipasi kebakaran. Sosialisasi ini jauh lebih efektif daripada sosialisasi lainnya. Diluar sosialisasi DD juga bisa ditampung untuk rehab rumah korban kebakaran. (Bakti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *