Lolos Administrasi dan lulus PPPK 2023 di Madina, Menyeruak Jumlah Guru Siluman

Daerah1048 Dilihat

MNC Trijaya Mandailing Natal (15/01) (Panyabungan) – Hasil seleksi calon pegawai pemerintah daerah perjanjian kerja (PPPK) untuk Mandailing Natal tahun 2023 telah resmi diumumkan. Tidak sedikit yang komplain hasil seleksi dinilai janggal serta terindikasi adanya dugaan kecurangan.

Penelusuran dan Data yang diperoleh Media Wartamandailing.com, berdasarkan pengumuman Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal nomor : 810/2642/BKPSDM/2023 tertanggal 22 Desember 2023.

lampiran hasil seleksi PPPK formasi guru diduga ada sejumlah pegawai honorer guru siluman lolos administrasi dan dinyatakan lulus PPPK 2023 di kabupaten Mandailing Natal nomor surat : 810/2642/BKPSDM/2023 tertanggal 22 Desember 2023 yang ditandatangani oleh Sekda Alamulhaq Daulay.

Data yang diperoleh menyeruak 40 nama honorer guru siluman yang terdaftar dan lolos administrasi dan dinyatakan lulus seleksi PPPK 2023, satu, (AR) yang merupakan formasi umum jabatan guru di SDN 307 Sikumbu Kecamatan Lingga Bayu. Padahal menurut keterangan sejumlah peserta PPPK (AR) bukanlah seorang guru honorer dan melainkan adalah pegawai PLN Muarasoma hingga saat ini.

“Aulia Rahmi anak kandung kepala sekolah SDN 307, ia sama sekali tidak pernah mengajar di SD itu, maupun di sekolah lain, Aulia Rahmi adalah pegawai di kantor PLN muarasoma, tapi anehnya anaknya ini lulus honorer P3K jalur umum p3, “tulis peserta PPPK baru-baru ini lewat pesan WhatsApp, Senin (15-1-2024)

Selain itu, penuturan peserta PPPK yang tidak lulus, ada juga seorang karyawan di perusahaan perkebunan kelapa sawit di pantai barat, inisialnya JD sebelumnya dia pernah mengajar di SDN 306 Ranto Sore, akan tetapi dia sudah lama berhenti.

“Kok bisa dia lolos administrasi dan lulus PPPK tahun 2023 ini, aneh juga guru siluman ini, “ujar guru yang sudah belasan tahun mengajar namun tidak lulus di PPPK ini.

Begitu juga di SDN 295 Pulo Padang, seorang peserta PPPK jabatan operator baru masuk di SD itu, dia bukan pengajar, data diolah menjadi guru kelas dan lulus PPPK.

“Namanya EL, satu mata pelajaran pun dia tidak pernah mengajar di sekolah itu, kami menilai inilah salah guru honorer siluman yang lulus PPPK ini, “tulisnya.

Sementara penelusuran Google cek dapodik hari ini senin (15-1-2024) beberapa data, termasuk Data EL sudah tidak ditemukan, diduga dapodik ini dihapus operator setelah adanya aksi PPPK guru berjilid-jilid.

Lanjut, ada lagi pegawai KCP Bank Muamalat Panyabungan bernama Nurasiah Batubara. Ia lulus di SD Negeri 170 Hutanamale, Kecamatan Puncak Sorik Marapi (PSM), Kabupaten Mandailing Natal.

“Muloi andingan buse do si Nurasiah jadi guru, (sejak kapan dia guru) namanya bisa masuk Dapodik. Setahu kami selama ini, setidaknya setahun terakhir dia kerja di Bank Muamalat, Natagi mei molo adong deking dot epeng niba (enaknya punya uang dan deking) jangankan itu, Satpam di perusahaan pun bisa masuk dan lolos PPPK, “sebut PPPK guru.

Ratusan guru yang merasa dicurangi dan terzolimi dalam seleksi P3K tahun 2023, Menemukan data yang diduga guru siluman dan membukanya satu persatu kepada awak media, jumlahnya fantastis.

“Bayangkan seorang tukang santan, diduga Guru Siluman lolos P3K, terindikasi karena bayar, luar biasa hebatnya dinas Pendidikan dan BKPSDM, Madina tanah suci dengan slogan Madina bersyukur Madina berbenah kalian kotori dengan cara-cara curang dengan memperkaya diri lewat seleksi P3K, “sebut PPPK guru yang kalah seleksi.

Dijelaskan peserta PPPK, data investigasi awal dari kawan-kawan yang perlu penelusuran lebih jauh, yang lulus PPPK tenaga guru. Terkait praktek mal administrasi dan guru siluman/data fiktif ada sekitar 60 an.

Kasusnya antara lain : yang bersangkutan tidak pernah mengajar di sekolah, tapi tiba-tiba lulus PPPK guru. Selain itu, hanya hitungan bulan mengajar, tiba-tiba lulus.

Diduga kuat ada praktek rekayasa Data Dapodik yang bersangkutan bekerjasama dengan Dinas pendidikan dan kepala sekolah untuk manipulasi data.

Lalu, ada juga bekerja hanya sebagai operator atau TU di sekolah, dan tidak pernah menjadi seorang guru apalagi mengajar, tiba-tiba lulus jadi PPPK Guru.

Kami meminta aparat penegak hukum, untuk mengusut tuntas yang terlibat dugaan pungli dan praktek suap di dinas pendidikan Madina terkait guru siluman yang lulus PPPK tahun 2023.

Penelusuran dugaan guru siluman, sejumlah kepala sekolah terkait sudah dikonfirmasi Wartamandailing lewat telepon seluler, hingga berita ini diturunkan para oknum kepala sekolah memilih bungkam dan bahkan ada juga yang memblokir nomor telepon.

Terpisah, dalam kasus ini Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) DHS terseret dan resmi ditahan di Rutan Mapoldasu, Jum’at (12-1-2024).

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Hadi Wahyudi ketika dikonfirmasi wartawan via WhatsApp terkait status Kadisdik Madina tersebut.

“DHS resmi ditahan hari ini. Sesuai gelar perkara yang dilakukan penyidik unit Tipikor Polda, DHS resmi ditetapkan tersangka,” ungkap Hadi. (007)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *