Membanggakan, Desa Huta Godang Di Madina Raih Juara III API Award

Nasional490 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (30/11) (Banda Aceh ) – Desa Huta Godang kecamatan Ulu Pungkut kabupaten Mandailing Natal tahun ini meraih juara III Kategori Kampung adat pada perhelatan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 yang berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, kompleks Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Jumat (25/11/2022).

Harapan kontestan atau nominasi sebagai juara dalam perhelatan API Award dari tahun ke tahun sangat di dambakan setiap kontestan.

ptsmmhutmadina

Desa Huta Godang Kecamatan Ulu Pungkut kabupaten Mandailing Natal merupakan salah satu Daerah di Mandailing Natal yg masih kental membudayakan adat-istiadat. Rumah Adat yg baru saja di renovasi serta masih menyimpan benda-benda adat kerajaan zaman dulu.

Daerah ini merupakan salah satu Desa yg masih memiliki tanah wilayat. Desa Huta Godang yg berlokasi di sekitar 12 KM masuk ke dalam dari jalan lintas Sumatera.

Raja Junjungan Lubis Mengatakan kepada Media by phone Dapat kabar atas prestasi juara III Desa Huta Godang di kategori Kampung Adat melalui aplikasi YouTube. Selasa (29/11).

” Sebelumnya kita melihat pengumuman API melalui YouTube dan Alhamdulillah Desa Huta Godang meraih Juara III pada kategori Kampung Adat” kata Raja

Raja menjelaskan hingga saat ini Adat di Desa Huta Godang masih kental dan di terapkan. Di Desa Huta Godang Tidak ada surat jual beli tanah karena masih Tanah Adat Huta Godang. Adat di Huta Godang hanya sebatas pakai secara turun temurun. Warga yg bisa memakai lahan tanah untuk pertapakan pemukiman ( perumahan).

Raja Menjelaskan Saat ini Desa Huta Godang sudah menjadi Cagar Budaya dan beberapa rumah adat dalam tahapan renovasi.

Raja Junjungan Lubis juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur sumatera Utara bapak Edi Rahmayadi , Kadis Pariwisata dan kebudayaan Sumut, Bupati Mandailing Natal bapak Jakfar Sukhairi Nasution dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Madina atas dukungannya serta kepada Masyarakat Desa se kecamatan Ulu Pungkut dan juga Namora Natoras.

Raja Junjungan berpesan untuk masyarakat luas, ada Wilayah di Mandailing Natal yg masih membudidayakan adat terkesan diri kita yg mengunjungi Daerah Desa Huta Godang seakan ada di masa lalu seperti Mesin Waktu masa silam.

” Mari kunjungi Desa Huta Godang menambah pengalaman tentang adat dan budaya untuk menambah wawasan. Daerah yg di nobatkan sebagai Cagar budaya bisa memanjakan mata wisatawan untuk hak Kampung yg masih memegang teguh adat istiadat ‘ pesan Raja

Raja Junjungan Berharap kedepannya Desa ini tetap menjunjung tinggi nilai budaya dan adat istiadat yg masih berlaku saat ini hingga nantinya. Generasi selanjutnya juga diharapkan tetap membudayakan Adat ini sebagai pemenang Kampung adat. (30/11). (Bakty Wijaya)

Komentar