oleh

HPN Kendari, Dewan Pers Fokus Membahas Perlindungan Hukum Jurnalis

-Nasional-143 views

MNC Trijaya Mandailing Natal ( Sulteng) – Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal 09 Februari di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sulteng) mendatang, akan di fokuskan pada pembahasan Perlindungan hukum terhadap jurnalis.

Di fokuskannya hal tersebut sebagai upaya Dewan Pers guna menyelesaikan permasalahan hukum yang menjerat pers agar dirujuk ke Dewan Pers sehingga ke depannya pers tidak lagi terkena Undang-undang KUHP.

ptsmmhutmadina

“Nanti akan ada perpanjangan nota kesepakatan (MoU) antara Polri dengan Dewan Pers. Karena itu salah satu poin yang sangat membantu teman-teman untuk mendapatkan perlindungan hukum supaya tidak terkena UU KUHP,” kata Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh, di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (07/02/2022).

Namun jelasnya, perlindangan yang dimaksud ini sepanjang pers melaksanakan tugas sebagai jurnalistik dan tidak berlaku bagi orang yang bukan seorang jurnalis maupun bukan pekerja pers.

“Intinya jangan sampai dibawa ke polisi atau ke pengadilan karena tugas jurnalistiknya. Tapi kalau orang yang bukan melaksanakan tugas jurnalistik dan tidak punya izin sebagai jurnalis tidak dapat. Kita khusus kepada jurnalis yang melaksanakan tugas-tugas jurnalistik,” terangnya.(007)

Komentar

News Feed