oleh

Hari ini DIPA dan TKDD Tahun Anggaran 2022 Diserahkan Kepada Bupati dan Wali Kota se-Sultra

-Nasional-177 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (13/12) (Kendari) – Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2022 diserahkan kepada Bupati dan Wali Kota se-Sultra oleh Gubernur Ali Mazi, serta dilanjutkan denan kegiatan Rapat Koordinasi Bupati dan Wali kota se-Sultra di salah satu Hotel di Kota Kendari, Senin (13/12/2021).

Penyerahan DIPA 2022 ini dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Tenggara Kementrian Keuangan RI, Sugiarto, serta Seluruh Forkopimda Sultra, Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Seluruh Bupati/Walikota se-Sultra, serta para Pimpinan Tinggi Pratama lingkup Pemprov. Sultra.

ptsmmhutmadina

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Tenggara, yang menyampaikan “penerima DIPA petikan 2022 diwakili oleh 15 satuan kerja, TKDD disampaikan kepada Sekda serta Bupati/Walikota se-Sultra,” ucap Sugiarto.

Lebih lanjut Sugiarto menyebutkan” Tahun Anggaran 2022 sebagai instrumen kebijakan fiskal memiliki peranan yg penting dalam menghadapi pandemi covid. APBN juga sejak 2020 menghasilkan pemulihan ekonomi secara bertahap pada kuartal II ekonomi tumbuh.7.07% tertinggi dalam 16 tahun terakhir,” ungkapnya.

DIPA diserahkan pada bulan Desember 2021, diharapkan agar diawal tahun 2022 sudah dapat dilaksanakan agar percepatan program kegiatan yang dialokasikan dapat berjalan dengan segera, baik dan lancar serta ditingkatkan,” tutup Sugiarto.

Dalam sambutan dan arahannya, Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan, “acara ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan, secara cepat dan tepat sasaran,” ujar Ali Mazi.

“Belanja Negara yang dialokasikan untuk Provinsi Sulawesi Tenggara sebesar Rp. 22,212 Triliun, dengan rincian sbb :
1. Belanja Kementrian Rp. 6.459T
2. Transfer ke daerah dan dana desa Rp. 15,753T” lanjut Gubernur.

Diakhir sambutannya, Gubernur Ali Mazi menginstrusikan kepada Bupati/Walikota untuk segera mengakselerasi belanja APBD tahun 2021 dan mengoptimalkan dan memantau realisasi keuangan 2022, serta difocuskan pada kegiatan sehingga hasilnya dilihat dan segera dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat,” tegasnya.

Selanjutnya, Gubernur Sultra didampingi Ka.Kanwil Dirjen Perbendaharaan Sulawesi tenggara menyerahkan Dokumen DIPA kepada Seluruh Satuan Kerja perangkat daerah Departemen/Dinas dan non Departemen/Dinas lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara, Universitas Negeri, serta penyerahan TKDD kepada Bupati/Walikota se-Sultra, dengan mengundang langsung keatas panggung untuk menerimanya.

Gubernur juga menyerahkan penghargaan kepada pemerintah daerah yang meraih predikat pertama kinerja penyaluran dana desa tercepat dan terbaik dengan persentase 100% yaitu kepada Pj. Bupati Kolaka Timur  Sulwan Abunawas.

Ditempat yang sama, Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2022.

Siska Karina Imran mengatakan, akan segera berkoordinasi dengan Wali Kota Kendari terkait percepatan realisasi anggaran seperti arahan pemerintah pusat.

“Kita akan upayakan agar pencairan anggaran bisa lebih cepat ditahun 2022, sehingga program pembangunan segera terrealisasi di awal tahun, apalagi tahun depan merupakan akhir masa jabatan kami,” ungkap Siska.

Siska menambahkan di tahun 2022, sejumlah program akan diselesaikan diantaranya pembangunan kantor Wali Kota Kendari, pembangunan rumah sakit tipe D Puuwatu dan jalan Kembar Kali Kadia, termasuk program lain yang sudah disusun dalam RPJMD tahun 2017-2022.

Diketahui, Tahun 2022 Kota Kendari mendapatkan alokasi anggaran TKDD sebesar Rp 0,969 triliun. (13/12)(Hengky)

Komentar

News Feed