oleh

Angkat Tema “Kenali Diri, Lejitkan Potensi, Raih Prestasi” PASADAMA Beri Motivasi Kepada Ratusan Mahasiswa UCA Asal Madina

-Nasional-122 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (12/09) (Panyabungan) – Dalam rangka mendorong semangat dan guna menumbuhkan motivasi yang tinggi bagi para mahasiswa/i yang berasal dari Mandailing Natal (Madina) yang berlatar belakang anak yatim atau kurang mampu yang mendapat beasiswa untuk kuliah di UCA (Universitas Cendekia Abditama) Tangerang.

Dengan mengangkat tema “Kenali Diri, Lejitkan Potensi, Raih Prestasi”, Para Alumni SMA Negeri 1 Panyabungan yang bernaung di bawah bendera PASADAMA (Parsadaan Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri Sada Panyabungan Mandailing Natal), mengadakan acara temu wicara pada hari Minggu tanggal 11 September 2022 di Kampus UCA Tangerang kemaren.

ptsmmhutmadina

Demikian disampaikan Ketua PASADAMA, Gong Mataher melalui Penasehat, M Amin Nasution, SH, MH kepada Topmetro.News, Senin (12/09/2022) siang via seluler.

Amin juga menjelaskan, acara temu wicara PASADAMA dengan para mahasiswa UCA ini dihadiri kurang lebih 120 orang mahasiswa asal Madina yang kuliah dari berbagai perguruan tinggi lain, seperti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Pamulang (UNPAM).

Sedangkan dari Pengurus PASADAMA sendiri, ada yang hadir secara luring maupun daring yang semuanya berkesempatan untuk memberi nasehat-nasehat sebagai pembangkit semangat bagi mahasiswa/i UCA tersebut.

Adapun Pengurus PASADAMA yang hadir secara luring adalah Dr. Khaerulsyah Nasution, Sp.Pd. (Penasehat PASADAMA), M. Amin Nasution, SH., MH. (Ketua PASADAMA), Gong Mataher (Fasilitator beasiswa bagi mahasiswa-mahasiswa asal Mandailing Natal yang kuliah di UCA), Pagut Mulya Lubis, Subhan Arifin, dan lain-lain. Sedangkan yang hadir secara daring adalah Marsekal Muda (Purn.) Syahrul Efendi Lubis, SE. (Yogyakarta), Prof. Dr. Zulkarnaen Lubis, Msi. (Medan), A. Azis Nasution (Medan) dan Amril Lubis (Panyabungan)”.ungkapnya

Dalam suasana kekeluargaan yang begitu akrab, para mahasiswa Madina mendapat konsep-konsep hidup bagaimana caranya agar bisa berhasil dalam belajar, demikian juga dalam menata masa depan agar bisa eksis dalam berkarir menuju masa depan yang membahagiakan.

Sesuai dengan tema pertemuan “Kenali Diri, Lejitkan Potensi, Raih Prestasi”, para Pengurus PASADAMA didalam acara banyak berbagi pengalaman dengan para mahasiswa, baik ketika kuliah, menata karir maupun dalam beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal agar keberadaan kita punya arti ditengah-tengah masyarakat.

Sementara itu tutur Amin, Marsma (Purn.) Syahrul Efendi Lubis, SE disela acara bercerita dan berbagi pengalaman kepada para mahasiswa UCA, bahwa ketika dia masih Sekolah Dasar Kelas 5 sudah menjadi anak yatim. Tetapi, berkat ketekunan dan do’a ibu yang selalu mengiringinya, sampailah beliau pada jenjang karir bintang dua di TNI Angkatan Udara, padahal beliau hanya berlatar belakang Korps Tehnik Pesawat Terbang, bukan penerbang.

Namun, karena sebagaimana masyarakat umum ketahui bahwa karir yang cepat melejit di TNI Angkatan Udara adalah yang berlatar belakang Korps Penerbang, tapi berkat ketekunan dan keikhlasan dalam bekerja, sampai juga beliau pada pangkat Marsekal Muda (Bintang Dua).

Maka lanjutnya, atas kehadiran Pengurus PASADAMA tersebut para mahasiswa sangat terhibur karena merasa punya orang tua dirantau yang bersedia untuk berbagi, membimbing dan mengarahkannya untuk menggapai keberhasilan dalam belajar serta menggapai masa depan yang lebih bahagia.

Untuk tahun depan Pengurus PASADAMA akan memfasilitasi beasiswa bagi calon-calon mahasiswa yang anak yatim dan kurang mampu agar bisa mendapat beasiswa untuk kuliah di Universitas Al Azhar Medan dengan kapasitas 50 orang mahasiswa.

Dan untuk proses seleksinya akan dimulai pada bulan Februari 2023. Semoga langkah PASADAMA ini bisa diikuti oleh organisasi-organisasi kemasyarakatan lainnya agar anak-anak Madina yang potensial tapi punya keterbatasan ekonomi bisa menikmati perkuliahan”.harapnya

Amin juga menambahkan, PASADAMA sebagai organisasi alumni SMA Negeri 1 Panyabungan, memprioritaskan beasiswa bagi 50 orang calon mahasiswa yang berasal dari SMA Negeri 1 Panyabungan untuk kuliah di Universitas Al Azhar Medan. Dan apabila kuotanya tidak terpenuhi maka akan dijaring dari SMA lain yang ada di Kabupaten Madina.

“Ketika acara temu wicara berlangsung, para mahasiswa terlihat dengan tekun mendengarkan. Hingga suasana semakin terasa penuh kekeluargaan, ketika sesi tanya jawab kepada para Pengurus PASADAMA dibuka”.paparnya mengakhiri. (007)

Komentar

News Feed