oleh

Wujudkan Sinergitas, Kadis Kesehatan Kembali Hadiri Minilok Puskesmas Kayu Laut

-Daerah-328 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (18/08) (Panyabungan Selatan) – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Mandailing Natal (Madina), dr. H. Syarifuddin Nasution kembali menghadiri pertemuan Mini Lokakarya lintas sektor di UPTD Puskesmas Kayu Laut, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Madina Provinsi Sumut, (18/08/2022).

Acara yang di mulai pukul 10.00 Wib ini dilaksanakan di aula setempat dan turut dihadiri langsung pihak pemerintah Kecamatan Panyabungan Selatan dan unsur Forkopimcam lainnya, Kapus dan staf, Kepala Desa dan Lurah, Tokoh masyarakat dan agama serta seluruh Kader kesehatan di sepuluh desa dan satu kelurahan yang ada di Kecamatan Panyabungan Selatan.

ptsmmhutmadina

Kepala Dinkes Madina, dr. H. Syarifuddin Nasution menyampaikan begitu pentingnya sinergitas antar lintas sektoral yang ada diwilayah kerja UPTD Puskesmas Kayu Laut dalam pencapaian sebuah program sesuai yang diharapkan.

“Puskesmas ini milik bersama, sehingga semua harus membantu satu sama lain agar layanan masyarakat di bidang kesehatan menjadi lebih baik”, Katanya.

Beliau juga menyoroti beberapa program, salah satunya Kesorga (Kesehatan olahraga) dan ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa). Kadis Kesehatan berharap bagaimana caranya agar masyarakat tetap hidup sehat tentu rutin hadir mengikuti program di puskesmas. Salah satu upaya promotif dan preventif tersebut adalah program kesehatan olahraga bagi masyarakat.

Pembinaan kelompok olahraga di wilayah puskesmas itu meliputi kelompok olahraga, pemeriksaan kesehatan olahraga pada kelompok, dan penyuluhan kesehatan olahraga pada kelompok. Peningkatan kesehatan masyarakat dilakukan dengan penekanan untuk hidup sehat, bukan untuk berobat, dengan meningkatkan pencegahan penyakit menular dan tidak menular dengan cara memperbaiki kesehatan lingkungan, gizi, perilaku hidup sehat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan cara kesehatan olahraga.

“Saya pun berharap jangan ada lagi masyarakat yang di pasung dan yang berkeliaran karena gangguan jiwa. Karena di puskesmas sudah bisa kita obati dan tangani asal petugas dan keluarga bekerjasama turut menanganinya. Dokter Psikiater kita pun sudah ada di Kabupaten Madina”, Ungkap dr. H. Syarifuddin.

Psikiater adalah seorang dokter spesialis yang mendalami ilmu kesehatan jiwa dan perilaku atau psikiatri. Psikiatri sendiri merupakan cabang keilmuan medis yang memiliki fokus pada diagnosis, pengobatan, dan pencegahan terhadap gangguan emosional, kejiwaan, maupun perilaku.

Diakhir kata sambutannya, Kadis Kesehatan Madina ini menuturkan dimana tiga tahun lalu semua puskesmas di Kabupaten Madina telah mendapatkan prestasi disaat akreditasi, tidak ada yang gagal. Dan, di bulan oktober 2022 nanti beberapa puskesmas akan kembali mengikuti re-akreditas.

“Saya berharap predikat akreditasi yang dulu kita dapatkan mesti ditingkatkan jangan sampai mundur. Kemarin Madya tentu harus naik minimal dapat Utama”, Harapnya.

Kalau tidak didukung semua pihak hal ini mustahil untuk mendapatkan predikat puskesmas naik, ini demi masyarakat karena nantinya yang merasakan itu sendiri adalah masyarakat kita.

Sementara Kepala Puskesmas Kayu Laut, Lina Mariati, SKM mengatakan, Mini Lokakarya Lintas Sektor ini menjadi bagian kegiatan rutin setiap 3 bulan sekali untuk mengevaluasi hasil kelaborasi lintas sektor di bidang kesehatan. Kegiatan rutin ini untuk mendapatkan hasil evaluasi kolaborasi di bidang kesehatan.

“Kita akan selalu terus sinergi dan berkolaborasi dengan lintas sektor guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan”, Ucapnya.

Tujuan dilaksanakannya mini lokakarya adalah untuk menginformasikan program kesehatan yang telah maupun akan dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Kayu Laut kepada berbagai pihak dengan harapan dapat mensinkronkan pelaksanaan program kesehatan dengan pelaksanaan program di lintas sektor. Sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Panyabungan Selatan.

Peliput : Joki Nasution

Komentar

News Feed