oleh

Webinar Madina Care, Daud Batubara : Pemberian Gelar Pahlawan Dapat Diusulkan Perorangan

-Daerah-69 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (10/11) (Panyabungan) – Pada momen peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022, Madina Care Institute kembali mengadakan webinar dengan tema “Pahlawan Dari Mandailing”. Kamis (10/11/2022) via aplikasi zoom.

Webinar Hari Pahlawan ini mengundang Narasumber Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Dr. Daud Batubara, Budayawan Mandailing, Askolani Nasution, Budayawan yang juga menulis kamus Angkola Mandailing, Bakhsan Parinduri dan eks Walikota Medan yang pernah mengusulkan gelar Pahlawan Nasional untuk S.M Amin Nasution, Ir.Akhyar Nasution.

ptsmmhutmadina

“pelaksanaan webinar ini tepat digelar pada hari pahlawan adalah untuk menelisik jejak sejarah nama-nama besar dari Mandailing di masa lalu serta kiprah mereka pada bangsa dan negara sehingga layak dijadikan Pahlawan Nasional”.ujar Direktur Eksekutif Madina Care Institute, Rahmat Hidayat

Dan Rahmad juga menuturkan bahwa selama ini kita hanya membahas gelar pahlawan nasional untuk tokoh dari Mandailing misalnya Willem Iskander dari lopo kopi ke lopo kopi dan membiarkannya hanya sebatas obrolan lopo kopi.

Masih Rahmad, di webinar ini kami mencoba mengundang narasumber yang relevan, misalnya dari sisi budaya dan sejarah ada pak Askolani dan pak Bakhsan Parinduri. Kemudian ada Pak Daud Batubara selaku Staf Ahli Bupati dan juga pak Akhyar Nasution eks Walikota Medan yang berperan dalam pengusulan gelar Pahlawan Nasional untuk Sutan Muhammad Amin Nasution.

“Kita berharap melalui webinar ini kita bisa mengambil langkah nyata jika memang kita sungguh-sungguh ingin nama-nama besar dari Mandailing ini dianugerahi gelar Pahlawan Nasional. Jadi penganugerahan gelar Pahlawan ini tidak hanya sebatas obrolan langit”.tandasnya

Sementara itu Dr. Daud Batubara Staf Ahli Bupati yang juga sebagai salah satu Narasumber dalam webinar ini menyampaikan bahwa pengusulan gelar pahlawan dapat diusulkan oleh perorangan/individu.

“Gelar pahlawan ini dapat diusulkan oleh perorangan, jadi siapapun dapat mengusulkan. Dalam hal ini Kepala Daerah hanya merekomendasikan untuk penganugerahan gelar tersebut. Jadi silahkan saja jika teman-teman mau mengusulkan, kemudian nanti akan ada tim yang mengkaji itu” pungkasnya.

Staf Ahli Bupati bidang Hukum dan Pemerintahan ini juga mengaku banyak nama-nama dan situs sejarah yang baru dia ketahui ada di Madina. Untuk itu menurutnya perlu ada Wisata Sejarah di Mandailing Natal.

“Terus terang banyak nama dan situs sejarah yang baru saya ketahui ada di Mandailing Natal seperti Meja Batu. Padahal saya sering berdiskusi dengan bang Askolani. Untuk itu saya rasa kita perlu mengkaji nama dan situs sejarah itu”.imbuhnya

Daud juga menambahkan, bila perlu memang harus ada lokasi wisata sejarah di Mandailing Natal atau semacam Museum di Mandailing Natal, sehingga orang luar yang datang ke daerah kita, bahkan anak cucu kita nanti mengenal tokoh-tokoh bangsa dari Mandailing ini.” Tutupnya. (007)

Komentar

News Feed