oleh

Warga Desa Aek Marian dan Desa Bagun Purba Keluhkan Dampak Semburan Lumpur PT SMGP

-Daerah-651 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (25/04) (Lembah Sorik Marapi) – Warga Desa Aek Marian dan Desa Bangun Purba Kecamatan Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal mengeluh Air yang mengalir kelahan Persawahan dan Pertanian serta yang digunakan untuk keperluan Mengairi Tempat Wudu di Mesjid menjadi keruh berwana nnabu-abu dan beraroman busuk.

Kejadian ini terjadi pasca terjadinya semburan lumpur di Well PAD T (Tango) pada Pengeboran sumur T-12 milik Perusahan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) di Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal pada Minggu (24/04/2022).

ptsmmhutmadina

Seperti di sampaikan I.M Rangkuti Warga Desa Aek Marian Kecamatan Lembah Sorik Marapi Minggu Sore (24/04/2022) mengatakan sumber air yang mengaliri lahan persawahan dan kolam Masyarakat serta untuk memenuhi kebutuhan air di Mesjid di Desa Aek Marian saat ini turut tercemar yang kuat dugaan imbas dari semburan lumpur di pengeboran sumur panas bumi PLTP PT SMGP di Desa Sibanggor Julu.

Dia juga mengatakan dibeberapa kolam warga yang menggunakan aliran air tersebut ikan bermatian, untuk itu I.M Rangkuti berharap Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal memperhatikan nasib Warga Masyarakat yang berada di Kecamatan Lembah Sorik Marapi yang turut menderita akibat dampak dari luapan semburan lumpur di PT SMGP.

“Air yang mengaliri Persawahan dan Kolam serta yang digunakan ke Mesjid menjadi tercemar berwana Abu-Abu dan beraroma busuk, ada juga ikan yang mati di kolam Masyarakat di Desa Bangun Purba” ungkapnya. (25/04)(009)

Komentar

News Feed