oleh

Wakil Bupati Beserta Ketua TP PKK Hadiri Ulang Tahun Sekaligus Pelantikan Pengurus Cabang IBI Kabupaten Mandailing Natal

-Daerah-287 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (28/08)(Panyabungan) – Bertempat di Gedung Serbaguna, Desa Parbangunan, Panyabungan, organisasi yang dikomandoi para Bidan yaitu Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Mandailing Natal merayakan hari ulang tahunnya yang ke-70 sekaligus melaksanakan proses Pelantikan Pengurus Ranting Periode 2019-2024, Kamis (26/8/2021).

Dua agenda besar tersebut menjadi semakin bertambah semarak karena turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Mandailing Natal, Atika Azmi Utammi, B.App, Fin, M.Fin., Ketua TP PKK Kabupaten Mandailing Natal, Hj. Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal, dr. Syarifuddin Nasution, Ketua Bhayangkari, Deasy Fatimah Nasution, S.Sn.., Ketua IBI Provinsi Sumatera Utara diwakili oleh Melva Simatupang, S.ST., M.Keb., Ketua IBI Kabupaten Mandailing Natal, Rosida Nasution, S.ST. M.Kes., Pengurus Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kabupaten Mandailing Natal beserta para undangan lainnya.

ptsmmhutmadina

Kedatangan kedua tokoh wanita hebat di Kabupaten Mandailing Natal tersebut, langsung disambut dengan proses mangulosi oleh para pengurus IBI Kabupaten Mandailing Natal. Dalam hari ulang tahunnya yang ke-70 ini, tema yang diusung oleh organisasi bidan ini adalah Optimalisasi peran bidan pada pelayanan KIA-KB dan kesehatan reproduksi dalam mendukung pelayanan primer.

Ketua IBI Kabupaten Mandailing Natal, Rosida Nasution, S.ST. M.Kes., dalam sambutannya menyampaikan struktur kepengurusan di 23 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Mandailing Natal telah memiliki 30 ranting kepengurusan.

“Dalam kesempatan ini, izinkan saya melaporkan kepada Ibu Wakil Bupati Mandailing Natal bahwa Pengurus IBI di Kabupaten Mandailing Natal, alhamdulillah sudah mulai rampung dengan jumlah pengurus sebanyak 1.473 Bidan yang tersebar di 30 ranting kepengurusan dan di 23 Kecamatan yang ada. Insyaa Allah, kami akan terus bersinergi dalam mendukung semua program Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal demi kemajuan dan meningkatkan kesehatan para Ibu dan Anak. Target kinerja kami kedepan adalah berusaha menurunkan angka kematian ibu dan anak,” ujar Ketua IBI Kabupaten Mandailing Natal dalam sambutannya.

Sementara itu, mewakili Pengurus IBI Provinsi Sumatera Utara, Melva Simatupang, S.ST., M.Keb., sangat mengapresiasi atas kinerja yang ditunjukkan oleh pengurus IBI Kabupaten Mandailing Natal dengan pencapaian pembentukan pengurus IBI di 30 ranting dan 23 kecamatan. Ia menyakini bahwa keberadaan IBI akan menjadi garda terdepan untuk melakukan pelayanan terpadu terhadap ibu dan anak.

“jumlah Bidan di Provinsi Sumatera Utara mencapai 19.000 orang yang tersebar di 33 Kabupaten/Kota. Saya menyakini komitmen Ketua IBI Kabupaten Mandailing Natal beserta jajaran pengurus lainnya telah membentuk kepengurusan sampai dengan tingkat ranting dalam kurun waktu 6 bulan setelah dilantik. Ini merupakan sebuah prestasi yang kami banggakan dari pengurus IBI Provinsi Sumatera Utara. Saya ucapkan selamat mengemban amanah dan selamat bekerja kepada semua pengurus, semoga IBI kedepannya semakin dicintai masyarakat, karena tugas kita adalah di Primer,” Ujar Melva Simatupang, S.ST., M.Keb., yang mewakili Pengurus IBI Provinsi Sumatera Utara.

Wakil Bupati Mandailing Natal, Atika Azmi Utammi, B.App, Fin, M.Fin., dalam sambutannya menyatakan angka kematian Ibu dan Anak di Kabupaten Mandailing Natal masih termasuk kategori tinggi untuk kawasan di Provinsi Sumatera Utara. Bersamaan dengan momentum hari kemerdekaan Republik Indonesia juga dirayakan hari ulang tahun ke 70 IBI, sehingga Wakil Bupati Mandailing Natal berharap IBI di tahun-tahun mendatang dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kapasitas bidan terhadap pelayanan ibu dan anak, sehingga organisasi yang diwadahi para Bidan ini sangat dibutuhkan perannya dalam mendukung program kerja pemerintah.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal sangat memerlukan kolaborasi dan sinergitas para bidan dalam memberikan pelayanan prima dibidang kesehatan. Semoga kedepannya angka kematian anak dan ibu dapat kita turunkan di Kabupaten Mandailing Natal,” ujar gadis yang dinobatkan sebagai Wakil Bupati Termuda se-Indonesia tersebut.

“Momentum Kemerdekaan Republik Indonesia bisa dijadikan sebagai cemerlang dan eksisnya organisasi ini, karena selang 6 tahun setelah merdeka lahirlah organisasi ini. Artinya apa, di mata pemerintah keberadaan IBI sangat dibutuhkan untuk hadir ditengah masyarakat. Ini merupakan salah satu pilar penting bagi bangsa ini.” Ucap Wakil Bupati Mandailing Natal dihadapan Pengurus IBI dan tamu undangan lainnya.

“Selamat Hari Ulang Tahun IBI ke 70, Selamat Berkarya di Kabupaten Mandailing Natal, Semoga amanah dalam mengemban tugas mulia, serta semoga bidan di Kabupaten Mandailing Natal semakin solid,” Ucap Wakil Bupati Mandailing Natal mengakhiri sambutannya. (28/08)(009)

Komentar

News Feed