oleh

Untuk Taman Bacaan, Dahlan Sumbang Rak Buku Di Mesjid Agung Nur Ala Nur

-Daerah-160 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (29/09) ( Panyabungan) – Untuk mengungkapkan rasa kepedulian dan kecintaannya terhadap Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dalam menwujudkan Negeri beradat dan taat beribadat. Drs Dahlan Hasan Nasution menyumbangkan hasil karyanya berupa rak buku olahan limbah kayu kelapa untuk taman bacaan islami dan pendidikan agama di Mesjid Agung Nur Ala Nur.

Sebelumnya, untuk kenyamanan para jamaah yang ingin beribadah di mesjid Agung Nur Ala Nur, beliau juga telah banyak menyumbangkan furniture hasil karyanya dalam memanfaatkan limbah kayu seperti kursi, meja, mimbar dan pendopo tempat kegiatan islami dilingkungan mesjid Agung Nur Ala Nur. 

BNNCOVID19

Ketua Badan Kenaziran Mesjid (BKM) mesjid Nur Ala Nur Aek Godang desa Parbangunan, H Amru Rangkuti saat kepada MNCTrijaya.com, Selasa (29/09/2020) menjelaskan bahwa sejak bangunan mesjid Nur Ala Nur ini dibangun pada tahun 2010 oleh Bupati Madina H Amru Daulay, SH. Mesjid Nur Ala Nur ini sudah menjadi kebanggan masyatakat Madina khususnya kota Panyabungan.

“selama 4 tahun proses pembangunan mesjid ini dikerjakan semasa Pak Bupati H Amru Daulay, dan pada tahun 2010, mesjid ini telah rampung dan mulai aktif untuk dipakai dalam kegaiatan keagamaan. Hingga dimasa kepemimpinan Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution pun, mesjid ini tetap mendapatkan perhatian yang khusus”.ucapnya

Dimana lanjutnya, seperti yang kita sama-sama lihat sekarang, banyak barang furniture seperti kursi, meja, mimbar, panggung untuk kegiatan islami hingga taman mesjid, semua tetap diperhatikan oleh Pak Dahlan dan semuanya dari hasil karya tangannya.

“saat ini dimasa Pak Dahlan sedang masa cuti karena keikutsertaannya kembali dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) saja, dengan kerendahan hatinya beliau masih tetap sibuk memperhatikan mesjid ini dengan membuatkan rak buku untuk taman bacaan bagi siapa saja yang nantinya akan ibadah di mesjid ini.

Sekarang kami telah mempunyai 200 judul buku bacaan di mesjid ini. Dan biasanya sebelum masa pandemi Covid-19, setiap harinya banyak anak-anak sekolah dari MTsN dan MAN yang beribadah disini selalu menyempatkan waktu untuk membaca buku-buku yang ada di mesjid ini”.paparnya

Maka dari itu harapnya, apabila ada saudara-saudara kita yang dirantau sana mempunyai buku-buku yang ingin disumbangkan atau di sedekahkan di mesjid ini. dengan senang hati kita akan menerimanya.

Ketua Naso bulung Forum Pelestarian dan  Pengembangan Adat Budaya (FPPAB) Madina, H Raja Bangun Nasution gelar Mangaraja Bangun kepada MNC Trijaya Mandailing Natal mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan komitmen Drs Dahlan Hasan Nasution terhadap mewujudkan Kabupaten Madina menjadi Negeri beradat dan taat beribadat.

Dimana, kepedulian Pak Dahlan tersebut beliau wujudkan melalui karya nyata dan bukan karya kata saja. Coba sekarang kita lihat dilingkungan mesjid Agung Nur Ala Nur ini, setelah habis masa Pak Amru Daulay jadi Bupati, kini pembangunan mesjid ini tetap dilanjutkan oleh Pak Dahlan”.sebutnya

Saya selaku Ketua Naposo Bulung FPPAB Madina juga berharap agar dapat kembali menjadikan mesjid sebagai pusat segala kegiatan yang berhubungan dengan syariah islam, sehingga tidak hanya sebatas ritual (sholat) saja.

“supaya tujuan Negeri beradat taat beribadat itu terwujud, didalam lingkungan mesjid Nur Ala Nur ini agar dibangunkan gedung dakwah, Perpustakaan islam, Baitulmal (Bazda), dengan tujuan supaya kegiatan islami bisa terpusat dan terkonsentrasi didalam satu lingkungan”.tandasnya

Sementara itu Anggota DPRD Madina dari Fraksi Golkar, Sobir Lubis, SH juga sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Drs H Dahlan Hasan Nasution. Sebab, banyak kreasi serta karya-karya beliau memanfaatkan bahan limbah kayu yang dipoles sebegitu unik, sehingga mempunyai daya jual tinggi, beliau sumbangkan ke mesjid Nur Ala Nur ini.

“Untuk itu, saya meminta kepada saudara-saudara kita yang ada di rantau, apabila memiliki buku-buku bacaan mengenai islam atau hal yang bermanfaat lainnya untuk dibaca, agar menyumbangkan bukunya ke mesjid kesayangan kita ini yaitu Mesjid Agung Nur Ala Nur”.pungkasnya. (007)

Komentar

News Feed