oleh

Unras Damai, Wartawan Madina Minta Polri Tangkap Pelaku Pembunuhan MH

-Daerah-243 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (21/06)(Panyabungan)- Puluhan pekerja media (Wartawan) yang bertugas di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melakukan aksi unjukrasa damai ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Madina dan Polres Madina, Senin (21/06/2021)

Aksi unjuk rasa damai sebagai bentuk solidaritas wartawan yang bertugas di Madina ini terkait terjadinya pembunuhan terhadap wartawan serta pimpinan redaksi media online Lessernewstoday.com Marasalem Harahap (MH) pada 19 Juni 2021 lalu sekira dini hari di Kabupaten Simalungun.

ptsmmhutmadina

Aksi solidaritas yang digawangi oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Madina, Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) cabang Madina.

Wartawan Senior Madina yang juga sebagai pimpinan Umum Mingguan Malintang Pos, Iskandar Hasibuan, Ketua PWI Madina, M Ridwan Lubis, Pimpinan Umum Beritahuta.com, Akhiruddin Matondang dalam pernyataan sikap wartawan Madina sebelum menyerahkan ke DPRD Madina menegaskan melalui lembaga DPRD sebagai wadah aspirasi masyarakat agar menyampaikan empat poin pernyataan sikap wartawan Madina kepada Kapoldasu agar : 

  1. Kami wartawan di Madinah berbela sungkawa atas meninggalnya Marasalem Harahap wartawan lassernewstoday.com yang ditemukan terbunuh di dalam mobilnya pada Sabtu dinihari 19 Juni 2021.
  2. Mengecam segala bentuk tindakan kekerasan oleh siapapun kepada pekerja pers dan wartawan dalam melaksanakan tugas peliputan 

3 Meminta kepada negara dalam hal ini Polri untuk melindungi pers dalam menjalankan tugas jurnalistik.

  1. Meminta kepada Kapolri dan Kapoldasu untuk mengusut tuntas peristiwa pembunuhan terhadap wartawan atau pimpinan redaksi lasernewstoday.com Marasalem Harahap.

Usai menerima surat pernyataan wartawan Madina, Wakil Ketua DPRD Madina dari partai Demokrat, Harminsyah Batubara didampingi DPRD Madina dari Partai Golkar, Erwin Efendi Nasution dan Zubaidah menyampaikan akan menyampaikan aspirasi dan pernyataan sikap wartawan Madina ini kepada Kapoldasu secara kelembagaan.

Lalu politisi Partai Demokrat Madina itu juga mengucapkan turut berbelasungkawa atas peristiwa pembunuhan yang menimpa sahabat pers di Kabupaten Simalungun yakni Marasalem Hatahap.

“Saya juga meminta kepada para wartawan agar juga turut membantu penegak hukum untuk mengungkap siapa sebenarnya pelaku pembunuhan saudara Mara Salem Harahap wartawan dan juga pimpinan redaksi Lasernewstoday.com”.pungkasnya

Usai menyampaikan orasi damai kepada DPRD Madina kemudian puluhan wartawan yang bertugas di Madina dari berbagai media ini melanjutkan aksi damainya ke Mako Polres Madina dan diterima langsung oleh Kapolres Madina, AKBP. Horas Tua Silalahi, Wakapolres, Kompol. Agus Maryana serta jajarannya.

Setelah mendengarkan pernyataan sikap wartawan Madina yang meminta polri agar segera menangkap pelaku pembunuhan Marasalem Harahap, Kapolres Madina, AKBP. Horas Tua Silalahi menuturkan akan segera menyampaikan aspirasi dan dukungan moral wartawan Madina ini ke Kapoldasu.

“Sebelumnya saya mengucapkan turut berbelasungkawa atas musibah ini dan akan menyampaikan aspirasi ini ke pimpinan saya yakni Kapoldasu”.tandasnya. (007)

Komentar

News Feed