oleh

TP PKK Madina Sosialisasi Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana

-Daerah-153 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (21/09) (Panyabungan) – TP PKK Mandailing Natal (Madina) mengadakan Sosialisasi Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Kabupaten Madina Tahun 2022 di aula Hotel Rindang, Rabu (21/9/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekda Madina Gozali Pulungan, dihadir Ketua TP PKK Madina Ny Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution, Kepala Dinas PMD Muksin Nasution, dan Arujuna Sekretaris pokja IV TP PKK Propinsi Sumatera Utara.

ptsmmhutmadina

Ketua I Bidang Pembinaan Karekter Keluarga PKK Madina Nuramali dalam arahannya mengatakan tim penggerak PKK memiliki program unggulan salah satunya adalah keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana yang merupakan bagian dari program kerja Pokja IV PKK.

Sembilan program tersebut diantaranya, kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat terangkum dalam 9 macam, yaitu, peduli stunting, menuju PHBS, peduli KIA, siaga kebakaran lingkungan, tanggap dan tangguh bencana alam, peduli lingkungan, menuju keluarga sehat berkualitas, menuju keuangan sehat, dan mewujudkan keluarga sehat pesangan subur.

Sembilan macam gerakan yang disampaikan Amali, masih menjadi permasalahan keluarga dan masyarakat Madina. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat yang bertujuan untuk menjadikan individu keluarga dan masyarakat menolong diri sendiri serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan, kelestarian lingkungan dan perencanaan sehat dari aspek fisik manusia maupun lingkungannya yang tanggap dan tangguh terhadap berbagai bentuk bencana.

“Kegiatan ini menjadi pilot projek dari setiap wilayah. Oleh karena itu, saya berharap kepada tim penggerak PKK Kecamatan agar gerakan ini dapat ditindaklanjuti sebagai pilot project di wilayah masing-masing, yaitu menentukan salah satu desa sebagai pilot project sesuai isu atau permasalahan yang ada di masyarakat,” kata Amali.

Sementara, Sekda Madina Gozali Pulungan mengatakan gerakan PKK pada hakekatnya merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah dengan prinsip kerja partisipatif.

Gerakan PKK, kata Gozaku, mengalami perkembangan yang sangat signifikan menjadi penting dan diperhitungkan karena turut adil dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan terutama dalam menghadapi isu-isu strategis nasional dalam permasalahan bidang kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Diantaranya dalam penanganan covid-19 penurunan angka stunting, kesehatan ibu dan anak, peduli lingkungan, siaga kebakaran, perencanaan sehat menuju keluarga berkualitas,” katanya.

Gozali mengucapkan selamat mengikuti kigiatan sosialisasi gerakan PKK keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana.

Dengan adanya sosialisasi ini, Gozali berharap kepada para kader PKK memiliki kemampuan untuk memberi edukasi kepada masyarakat negara terciptanya keluarga dan lingkungan yang sehat dengan demikian Madina menjadi kabupaten yang sehat tanggap dan tangguh menghadapi bencana. (009)

Komentar

News Feed