oleh

Tokoh Adat Madina: Bupati Dahlan Sosok Yang Visioner

-Daerah-149 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (26/05) (Panyabungan) – Tokoh adat masyarakat Mandailing Natal (Madina), Ali Rahman Nasution SH berpendapat sosok Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution dalam kepemimpinannya saya nilai mampu membuat terobosan besar dalam pembangunan daerah di Kabupaten Madina.

“dalam kepemimpinan beliau, Ia mampu menembus batas masa depan daerah, beliau sosok yang visioner, banyak orang yang tidak mampu menafsirkannya. Kalau istilah pasaran mungkin ya kalau masih hanya memiliki otak sekolam memang belum bisa menafsirkan terobosan yang dilakukan pak Dahlan ini”.ujarnya kepada MNC Trijaya Madina, Rabu (26/05/2021).

ptsmmhutmadina

Di tangan beliau ungkapnya, banyak proyek besar yang sudah direncakan lama, tapi baru sekarang terwujud. Seperti pembangunan bandar udara, dari dulu ini sudah direncanakan pembangunannya tetapi pada masa beliau baru terwujud dan pembangunannya on the track. hal Ini saya anggap merupakan suatu prestasi pak Dahlan yang mampu menerobos ke pusat.

Masih Ali Rahman Nasution, SH yang juga merupakan Sekretaris Umum Forum Pengembangan dan Pelestarian Adat Budaya Kabupaten Madina (FPPAB), banyak proyek besar yang jalan di masa kepemimpinannya. Seperti pelabuhan Palimbungan dan pembangunan pasar baru Panyabungan modern. Beliau mampu menarik alokasi anggaran dari pusat ke daerah. Ini akan menggeliatkan perekonomian daerah. 

Dan imbuhnya, beliau juga sedang merencanakan pembangunan asrama haji, ini nanti sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat kita. Begitu juga dengan pembangunan akses jalan dari Panyabungan Timur tembus ke pusat Kabupaten Padang Lawas. Dengan dibangunnya nanti akses jalan ini akan terbuka pusat perdagangan yang pada akhirnya dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat.

Kemudian saat dikonfirmasi MNC Trijaya Madina, Ali Rahman juga menilai sosok Dahlan Hasan Nasution juga pemimpin daerah yang sangat peduli dengan pendidikan dan kebudayaan.

Sebagai contoh nyata adalah terangnya, penegerian STAIM menjadi STAIN. Pak Dahlan mampu meyakinkan tokoh masyarakat Madina yang ada di Jakarta sepeti Komisaris Jenderal Saud Usman Nasution untuk ikut membantu mempercepat penegerian STAIM yang sudah dari zaman pak Amru Daulay direncanakan. Dan pak Dahlan masih sedang berjuang menaikkan status STAIN menjadi UIN supaya terbuka banyak fakultas. Ini sangat menguntungkan masyarakat Madina.

Sementara di sisi lain, masyarakat Madina sekarang sudah memiliki bangunan Bagas Godang yang berdiri atas peran pak Dahlan. Motivasi beliau mendirikan Bagas Godang ini disebabkan kepedulian beliau terhadap generasi muda kita yang mulai bergeser nilai moral dan akhlaknya.  Alhamdulillah Bagas Godang sudah berdiri dan beroperasi. Di Bagas Godang nanti akan menjadi pusat pembelajaran adat budaya dan kesenian daerah, sehingga generasi kita tetap memahami adat budayanya sendiri”.tandasnya

“menurut hemat saya, banyak sekali alasan kenapa kita berharap beliau memimpin Madina satu periode lagi, itu semua untuk menyempurnakan gagasan dan ide yang telah berjalan selama ini, beliau masih sangat layak memimpin Madina”.tegasnya (007)

Komentar

News Feed