oleh

Tidak Memiliki Izin, DPD LSM LIRA Madina : Pemanfaat Galian C di Kelurahan Tapus Bisa Dipidanakan

-Daerah-276 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (14/12)(Panyabungan) – Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (DPD LSM LIRA) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) pastikan aktifitas galian C yang beroperasi di Sungai Batang Natal Kelurahan Tapus Kecamatan Linggabayu tidak terdaftar dan tidak memiliki izin. Dan terkait ini, harus segera ditertibkan.

Kepastian galian C yang beroperasi di kelurahan Tapus tersebut diketahui tidak terdaftar atau tidak memiliki izin setelah LSM LIRA Madina melakukan penelusuran di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Madina.

ptsmmhutmadina

Wakil Sekretaris DPD LSM LIRA Madina, M Syawaluddin kepada MNC Trijaya Madina, Selasa (14/12/2021) menyatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh LSM LIRA Madina dari Dinas PMPPTSP Kabupaten Madina, Penambangan Galian C yang ada di Sungai Batang Natal Kelurahan Tapus Kecamatan Lingga Bayu tidak termasuk dalam daftar pemilik izin Galian C.

Masih Syawal, dari daftar dan nama-nama galian C yang memiliki izin dan terdaftar di Dinas PMPPTSP Pemkab Madina. Tidak satupun kita temukan adanya usaha galian C di Sungai Batang Natal Kelurahan Tapus kecamatan Linggabayu.

“Maka dari itu, atas tidak ditemukannya ada izin operasional galian C di kelurahan Tapus tersebut, kuat dugaan kita, usaha galian c tersebut telah menimbulkan kerugian negara dan harus segera ditertibkan dan ditindak tegas oleh Aparat Penegak Hukum (APH)”.pintanya

Sebab sambungnya, oknum pengusaha pertambangan galian C tanpa izin ini dapat dijerat dengan UU No 3 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas UU No 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral Dan Batubara.

Kemudian tambahnya, perusahan perkebunan yang diduga kuat pemanfaat dari galian C yang berasal dari kegiatan ilegal tersebut, bisa dijerat dengan Pasal 161A UU No 3 Tahun 2020.

“Pengguna hasil penambangan ilegal juga dapat dipidanakan”.tegasnya singkat.

Adapun daftar dan nama pemilik izin Pertambangan galian C dan Tanah Urug yang beroperasi serta terdaftar di Dinas PMPPTSP Kabupaten Madina yakni : Abdul Latif, Lokasi Desa Tebing Tinggi Kecamatan Panyabungan Timur. CV Tamirul Falah, Lokasi Desa Sipapaga Kecamatan Panyabungan. CV Mitra Utama, Lokasi Desa Batang Gadis Kecamatan Panyabungan Barat.

CV Gunawan Lokasi Dusun Palimbungan Ketek Desa Sari Kenanga Kecamatan Batahan. Imanuel Syamnaek Nababan, Lokasi Desa Batu Mundom Kecamatan Muara Batang Gadis. Bin Ham Lokasi Desa Aek Banir Kecamatan Panyabungan. CV Parak Tale, Lokasi Desa Kampung Sawah Kecamatan Natal, dan Khairul Anwar Lokasi Desa Panyabungan Jae Kecamatan Panyabungan. (007)

Komentar

News Feed