oleh

Tambang Emas Ilegal Terus Beraktifitas, LSM LIRA Madina : ironis, Didepan Polsek Batang Natal Tambang Beroperasi

-Daerah-104 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (17/01) (Panyabungan) – Imbauan Bupati Mandailing Natal (Madina), HM Jakfar Sukhairi Nasution dan Kapolres Madina, AKBP, Muhammad Reza Chairul Akbar Sidiq, Sik, SH, MH agar seluruh aktifitas pertambangan emas ilegal  menggunakan alat berat di Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Natal dihentikan, ternyata hanya isapan jempol belaka.

Pasalnya, pasca setalah dilakukan sidak dan imbauan agar menghentikan seluruh kegiatan pertambangan ilegal tersebut. Ibarat kata pepatah ” Anjing menggonggong, Kapilah tetap berlalu”. Para penambang hingga saat ini masih melakukan aktifitas pertambangan tersebut.

ptsmmhutmadina

Dan bahkan yang paling ironisnya lagi, terdapat penambang yang beroperasi dengan leluasa yang jaraknya hanya ± 50 Meter dari Markas Komando (Mako) Polsek Batang Natal di Kelurahan Muara Soma.

Demikian sampaikan Sekretaris DPD LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Madina, M Syawaluddin kepada MNC Trijaya Madina, Senin (17/01/2022) di Panyabungan.

Bukan itu saja, ketika kita melakukan penelusuran pada hari Sabtu (15/01/2022) kemaren dilapangan. Kita menemukan tambang ilegal menggunakan alat berat ini masih beraktifitas di desa Tambang Kaluang, Sipogu, Ampung siala dan Rantobi.

Nah, yang menjadi pertanyaan kita, siapa sebenarnya oknum dibalik beroperasionalnya tambang emas ini. Padahal jelas-jelas sudah di imbau dihentikan. Karena, menggunakan alat berat ini merusak geografis sungai dan menghancurkan ekosistem air, sehingga mencemari air bagi warga yang ada di hilir sungai.

Dan sambungnya, dalam sidak yang dilakukan Bupati Madina saat itu, beliau sempat menyatakan bahwa menambang emas dengan menggunakan alat berat bukan hanya untuk mencari makan lagi, tetapi untuk mencari kekayaan”.ujar Syawal menirukan kalimat Bupati saat itu dilokasi tambang saat melakukan sidak.

Sementara itu salah seorang warga kelurahan Muara Soma yang tak ingin namanya disebutkan kepada MNC Trijaya Madina, Minggu (16/01/2022) malam sekira pukul 21.19 wib menerangkan, aktifitas tambang masih terus beroperasi di kecamatan Batang Natal.

“NA MAIN DO TORUS PAK ISON, DI JOLO KANTOR POLSEKI MAIN JUO ALAI”. ungkapnya menjawab pertanyaan MNC Trijaya Madina singkat via WhatsApp

Kapolres Madina, AKBP. Muhammad Reza Chairul Akbar Sidiq, Sik, SH, MH ketika dikonfirmasi dan dimintai tanggapannya terkait masih ada beroperasinya alat berat di DAS Batang Natal menggunakan alat berat, beliau menjawab saat ini beliau ada di pantai barat, dan tidak melihat adanya alat berat beroperasi di tambang emas ilegal tersebut.

“Saya lagi di pantai barat, dan tidak ada melihat aktifitas pertambangan. Coba sebutkan daerah mana yang anda ketahui saat ini sedang ada aktifitas pertambangannya”.jawabnya mantan KabapOps Polrestabes Medan tedsebut sembari kembali bertanya.

“Saya imbau para pelaku tambang agar menghentikan kegiatannya sampai dengan adanya legalisasi dr Pemerintah”.tandas Kapolres.(007)

Komentar

News Feed