oleh

Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Beraksi Cor Semen Jalan Rusak di Desa Hutaraja

-Daerah-362 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (13/01)(Panyabungan Selatan) – Warga secara swadaya menempel jalan yang rusak di sepanjang jalan Desa Hutaraja Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Rabu (12/1/2022).

Tampak mereka satu per satu menambal jalan yang rusak itu dengan menggunakan cor semen dengan alat seadanya.

ptsmmhutmadina

Aksi tersebut dilakukan warga berhubung kondisi jalan mengalami kerusakan yang tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah. Apalagi saat musim penghujan, air menutupi lubang jalan dan dipenuhi pasir, sehingga dapat mengganggu para pengguna jalan.

Salah satu pekerja warga Desa Sibanggor Jae, Abdul Rasyd Nasution (54) mengatakan, kegiatan menambal jalan itu dilakukan di Desa Hutaraja sesuai kesepakatan para supir angkot 05 arah kota Panyabungan – Sibanggor yang biasa melewati jalur tersebut setiap hari. Hal itu dilakukan sekaligus untuk menghindai korban dan mengurangi kerusakan kenderaan yang terperosok ke dalam lobang jalan yang rusak.

“Ada juga korban yang jatuh akibat lubang ini serta mobil angkot 05 yang lewat sering mengalami kerusakan. Mulai hari ini kami memperbaiki jalan ini, karena dari pemerintah tak kunjung memperbaiki. Jadi warga sendiri yang ambil inisiatif untuk menambal seadanya,” Ucapnya kepada media ini, Rabu (12/1/2022).

Dari pantuan di lokasi, terdapat puluhan lubang di jalan Desa Hutaraja yang mau ke arah Kecamatan Puncak Sorik Marapi itu. Kedalamannya pun bervariasi. Jalan ini pun terbilang sebagai jalan sentra pertanian dan pariwisata. Para petani dari desa dibawahnya sering melewati jalan ini, begitu juga di wilayah ini terdapat tempat pemandian air panas yang sering dikunjungi warga dari luar daerah.

Abdul Rasyd menuturkan, setiap turun hujan jalan ini selalu bercampur pasir dan digenangi air. Posisinya yang menanjak membuat pengendara ekstra hati-hati bila melewati jalur tersebut.

Lebih lanjut Abdul Rasyd menyampaikan, untuk mengatasi genangan air didalam lubang jalan yang datar dan menanjak, ia menyarankan supaya perbaikan total terhadap drenaise dan jalan tersebut.

Jurnalis: Joki Nasution

Komentar

News Feed