oleh

Tahun 2021, Disdukcapil Madina Buka Gerai Demi Mempermudah Pengurusan Adminduk

-Daerah-243 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (04/01) (Panyabungan) – Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melalui Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Madina tahun 2021 bakal melakukan terobosan baru yang pertama kali diterapkan di Kabupaten Madina yakni Layanan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada masyarakat melalui Gerai di beberapa daerah, salah satunya di wilayah Natal Pantai Barat.

Saat media ini berbincang pada hari Senin pagi tanggal 04 Januari 2021 di kantornya Dalan Lidang Panyabungan. Kepala Disdukcapil Kabupaten Madina, Ridwan Nasution menjelaskan pelayanan dokumen kependudukan dan catatan sipil dilakukan di salah satu unit Gerai untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

ptsmmhutmadina

“Ini kita lakukan untuk mempercepat pelayanan data kependudukan dan catatan sipil lainnya. Dan, sekaligus menghemat biaya dan waktu masyarakat, jadi tidak mesti datang langsung ke Kantor Disdukcapil,” Katanya.

Lebih lanjut, Kadis Dukcapil Kabupaten Madina mengatakan akan ada pengusulan dana pembelian alat di PAPBD 2021 untuk kelengkapan agar segera dibuka Gerai di Kecamatan Kotanopan dan menyusul di Tahun 2022 akan membuka Gerai di Kecamatan Siabu

Salah satu bentuk kegiatan yang mencerminkan semangat Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan “GISA”, adalah dengan partisipasi aktif melalui kegiatan jemput bola. Hal ini juga sudah dilakukan di tahun 2020 yang lalu di 18 Kecamatan dari 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Madina.

“Dalam hitungan kami selama program jemput bola di tahun 2020, ada sekitar Rp. 13,5 Milyar terhemat dana masyarakat dalam mengurus adminduk. Waktu mereka pun tidak banyak tersita mengurusnya,” Ungkapnya

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang belum memiliki e-KTP.

Salah satu target dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madina adalah menuntaskan data wajib e-KTP, yang mana juga mendapat perhatian khusus dari Kementrian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil. Semakin rendah angka wajib e-KTP dapat diartikan semakin tinggi jumlah warga yang memiliki e-KTP.

Pada era sekarang ini, jumlah instansi pemerintah atau lembaga profit maupun non profit yang mensyaratkan kepemilikan e-KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) semakin meningkat. Sehingga e-ktp tidak bisa dipandang sebelah mata lagi dan menjadi kebutuhan penting bagi setiap warga negara Indonesia.

Namun, ada berbagai kendala yang dihadapi warga Kabupaten Madina dalam memperoleh e-KTP, yang mana diantaranya meliputi faktor usia, keterbatasan fisik serta kondisi geografis wilayah Kabupaten Madina. Sehingga kegiatan perekaman jemput bola, membuka Gerai atau pemberian identitas bagi warga menjadi sangat perlu.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini, kendala – kendala tersebut dapat teratasi dan lebih lanjut dapat mempermudah warga Kabupaten Madina dalam mengakses pelayanan dalam berbagai bentuk keperluan yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Madina, khususnya yang berkaitan dengan administrasi kependudukan.(Joki Nasution)

Komentar

News Feed