oleh

Sungai Batang Natal Jernih, Masyarakat Minta Polisi Serius Tangani Tambang Emas Ilegal

-Daerah-328 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (04/05) (Batang Natal) – Berhentinya aktifitas penambangan emas tanpa izin pada bahagian hulu dan sepanjang aliran sungai Batang Natal selama Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini, terlihat langsung manfaatnya terhadap kejernihan aliran Sungai Batang Natal, Rabu (04/05/2022) terlihat Sungai Batang Natal mengalir jernih.

Kejernihan Sungai Batang Natal sudah lama tidak dapat rasakan Masyarakat yang berada di hilir sungai, akibat pencemaran yang terjadi dampak dari Penambang Emas Tanpa Izin yang beroperasi dengan menggunakan alat berat jenis exscavator (Becco).

ptsmmhutmadina

Kepada wartawan media ini salah seorang Warga Desa Lancat Kecamatan Lingga Bayu, M.Zailani, Rabu (04/05/2022) mengatakan Masyarakat berharap pihak kepolisian serius menangani Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di bagian hulu Sungai dan sepanjang aliran sungai Batang Natal, agar kelestarian Sungai Batang Natal tetap terjaga.

“Bertahun-tahun lamanya baru kali ini lah kembali terlihat air Sungai Batang Natal mengalir dengan Jernih, sebiasanya akibat tambang emas ilegal air yang mengalir itu berwarna cokelat” ungkapnya.

Selain dari warga Desa Lancat, pernyataan sama juga datang dari warga Kecamatan Natal yang berharap Pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) dan Kepolisian Resor Mandailing Natal (Polres Madina) serius menangani penindakan pelaku tambang emas tanpa izin di Sungai Batang Natal, melihat saat ini sungai Batang Natal dapat kembali jernih jika tidak ada aktivitas tambang emas tanpa izin. (04/05)(009)

Komentar

News Feed