oleh

Sosialisasi Penanganan Covid-19, DPC IMA UINSU Madina Bagikan Masker Di Kecamatan Malintang

-Daerah-147 views

MNC Trijaya Mandailing Natal ( 03/03)( Malintang )- Dewan Perawakilan Cabang Ikatan Mahasiswa Mandaling Natal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (DPC IMA MADINA UIN-SU) melaksanakan sosialisasi penanganan dan pencegahan corona virus disease (Covid-19) di kecamatan Bukit Malintang pada hari Sabtu 27 dan Minggu 28 maret 2021 lalu.

Kegiatan yang mengangkat tema Penanganan Covid-19 melalui siklus Poda Na Lima dan Rumah Biotik serta pengembangan ekowisata di desa Malintang Julu dan pembagian 1000 masker ini dihadiri, Ketua DPP IMA Madina, Sofyan saputra Nasution, DPC IMA USU Madina, IMA Unimed Madina, Camat Bukit Malintang, Syukur Soripada, S. Sos, MAP, Pj Kepala Desa Malintang julu, Abdurrahman, SH dan masyarakat.

ptsmmhutmadina

Ketua DPC IMA UINSU Madina, Abdul Khobir kepada MNC Trijaya Madina Rabu (03/03/2021) menjelaskan bahwa mahasiswa adalah agen perubahan sosial yang selalu dituntut untuk menunjukkan perannya dalam kehidupan nyata agar dia tak menjadi mahasiswa gadungan yang secara hakikatnya dia pun tak mau dan sudi menyandangnya. 

Setidaknya secara garis besar ada tiga peranan penting dan mendasar bagi mahasiswa yaitu intelektual, sosial, dan moral. Mahasiswa adalah sebuah agen perubahan terhadap masyarakat luas sesuai dengan 3 poin Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu 1. Pendidikan dan Pengajaran. 2. Penelitian dan Pengembangan. 3. Pengabdian kepada Masyarakat”.terangnya

Dalam konteks ini, DPC IMA Madin UIN-SU sudah merealisasikan poin ketiga yakni melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat .Pengabdian Masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan positif. 

Pada hal ini mahasiswa harus mampu bersosialisasi dengan masyarakat dan mampu berkontribusi nyata. Seperti yang kita ketahui selama ini bahwasanya mahasiswa adalah penyambung lidah rakyat, agent of change dan lainnya. Maka dari itu, mahasiswa harus mengetahui porsi dari tugas mereka masing-masing dalam mengabdi kepada masyarakat.

Dan Kami berharap dalam kegiatan ini bisa meninggkatkan partisipasi masayarakat Malintang Julu dalam penanganan Covid-19 dan menjadi masyarakat yang mandiri serta mampu berperan aktif dalam pengembangan Ekowisata di desa Malintang Julu”. ungkapnya

Sementara itu Ketua DPP IMA Madina, Sofyan Saputra Nasution berharap agar kegiatan-kegiatan Pengabdian seperti ini bisa diterapkan terus menerus kepada masyarakat terkhusus Desa Malintang Julu, agar bisa menjadi lebih produktif dalam mengembangkan potensi ekowisata yang dimilki dan tidak lupa untuk mengorganisir pencegahan Covid-19 melalui siklus Poda Na Lima.

“sebelumnya kita dari DPP IMA Madina sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan DPC IMA UINSU Madina. Dimana, dengan kegiatan ini telah menunjukkan bahwa mahasiswa itu memang benar ada dan nyata untuk membantu masyarakat”.tegasnya

Sedangkan Camat Malintang Julu, Syukur Soripada, S. Sos, MAP diwakili Kepala desa Malintang julu, Abdurrahman, SH mengucapkan terima kasih kepada jajaran mahasiswa IMA Madina atas pelaksanaan kegiatan sosial yang telah dilaksanakan di desa Malintang Julu.

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini, kedepan masyarakat desa Malintang Julu pada khususnya dan Kecamatan Bukut Malintang pada umumnya bisa menjadi lebih peduli dalam penanganan Covid-19 dan menjadi masyarakat yang produktif serta kreatif”.pintanya. (007)

Komentar

News Feed