oleh

Sigap, Bupati Madina Pimpin Rakor Penanganan Musibah Sibanggor Julu

-Daerah-450 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (25/01)(Panyabungan)- Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Pemkab Madina) melaksanakan rapat koordinasi (rakor) terkait penanganan dan penyelesaian terkait musibah meninggalnya 5 warga desa Sibanggor julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi (PSM) dan dirawatnya puluhan warga yang diduga teracuni gas Hidrogen Sulfida (H2S) dari pipa PT SMGP.

Amatan MNC Trijaya Madina, rakor yang digelar diaula Bupati Madina, Senin (25/01/2021) malam ini dihadiri Muspida Madina dalam hal ini Bupati Madina, Drs H Dahlan Hasan Nasution, Kapolres Madina, AKBP. Horas Tua Silalahi, Sik, MH, Wakapolres Madina, Kompol Agus Maryana, SH, Kajari Madina, Taufik Djalal, SH, Ketua PA Madina, Kepala OPD, Camat PSM, Camat LSM dan masyarakat Sibanggor Julu.

ptsmmhutmadina

Bupati Madina, Drs H Dahlan Hasan Nasution dalam arahannya menegaskan bahwa untuk melakukan penanganan, pemberian bantuan, penyelesaian dan kondusifitas pasca musibah yang terjadi di desa Sibanggor julu diduga akibat bocornya pipa gas PT SMGP yang menewaskan 5 orang dan dirawatnya puluhan warga di RSU Panyabungan dan RS Permata Madina.

“dalam hal penanganan warga saya ini yang notabene hampir seluruh warganya saudara saya, saya meminta kita semua harus serius dan sebaik mungkin. Dan juga, dalam rakor malam ini sudah harus kita fikirkan bagaimana dengan sandang dan pangan mereka saat ini”.ujarnya

Lalu lanjutnya, buat seratusan warga Sibanggor julu yang malam ini telah mengungsi ke Mesjid Nur Ala Nur, apakah makan malam mereka sudah disediakan dan diberikan ? tanya beliau kepada Sekdakab Madina, Gozali Pulungan.

Sekdakab Madina, Gozali Pulungan dalam laporannya menjawab pertanyaan Bupati menjelaskan bahwa seratusan warga Sibanggor julu yang malam ini mengungsi di mesjid Nur Ala Nur telah diberikan makan malamnya dan telah diberdirikan posko kesehatan dari Dinas Kesehatan.

Dan untuk penanganan berikutnya masih menunggu arahan lanjutan serta perintah dari Pak Bupati”.pungkasnya

Setelah mendapatkan penjelasan dari Sekdakab Madina, Gozali Pulungan, kemudian Bupati Madina, Drs H Dahlan Hasan Nasution memerintahkan Kadis Kesehatan dr Syarifuddin Nasution agar memindahkan ratusan warga desa sibanggor yang mengungsi ke bagas godang yang ada di Saba Purba.

“Namun Pak Kadis kesehatan, apabila masih ada di bagas godang warga kita yang sedang menjalani karantina agar di isolasi mandiri dulu. Dan sebelum warga di pindahkan ke bagas godang agar dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan”.perintahnya.

Lalu untuk keamanan rumah warga pasca ditinggal warga mengungsi, saya berharap kepada Kapolres Madina agar menempatkan personilnya di desa Sibanggor julu. Dan buat para camat agar ekstra kerja keras dulu dalam membantu menyelesaikan musibah ini”.pintanya
Kapolres Madina, AKBP. Horas Tua Silalahi, Sik, MH dalam sambutannya mengungkapkan bahwa saat ini personil polres Madina telah disiagakan di beberapa titik dalam hal antisipasi kericuhan guna menciptakan keamanan.

“saat ini personil kita telah di tempatkan dan disiagakan melakukan penjagaan di beberapa titik guna menciptakan kekondusifitasan pasca musibah yang terjadi di desa Sibanggor julu. Dan sejauh ini situasi kamtibmas masih bisa di kuasai”.sebutnya.

Seperti pemberitaan MNC Trijaya Madina sebelumnya 5 korban yang meninggal dunia warga desa Sibanggor julu kecamatan PSM pasca bocornya pipa gas PT SMGP yakni Suratmi (46) perempuan, Laila Zahra (5) perempuan, Yusniar (3) Perempuan, Dahni (45) laki-laki dan Sahrani (15) perempuan.

Lalu puluhan warga yang dirawat di RSU Panyabungan dan RS Permata Madina adalah :

  1. ZAINAL ANDIT, Lk, 21 tahun, Ds. Sibanggor Julu 
  2. M. IKHSAN, Lk, 28 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  3. ANI LUBIS, Pr, 41 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  4. HAPSAH, Pr, 43 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  5. NUR HABIBAH, Pr, 40 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  6. TIMBUL, Lk, 52 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  7. MISBAH, Pr, 43 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  8. IRHAM TANJUNG, Lk, 14 tahun, Ds. Sibanggor Julu
    9.  FADILAH HUSNA, Pr, 7 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  9. NELMIAH, Pr, 60 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  10. MISBAH, Pr, 60 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  11. HAIDAR, Pr, 40 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  12. NUR PATIMAH, Pr, 31 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  13. NAIMAH, Pr, 26 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  14. SARIFAH, Pr, 47 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  15. RAHMAD, Lk, 40 tahun, Ds. Roburan Lombang
  16. AHMAD SAKI, Lk, 2 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  17. RASILA, Pr, 37 tahun, Ds. Sibanggor Julu
  18. ELIANA, Pr, Ds. Sibanggor Julu
  19. AIPDA. A.L. SINAGA, Lk, 39 tahun, Polri, Asrama Polres Madina.
  20. SANGKOT, PR,41 Tahun, Sibanggor Julu.
  21. ZAKARIA TANJUNG Lk, 33 Tahun, Ds Sibanggor julu
  22. NOVITA SYAHRENI, Pr, 28 Tahun Ds Sibanggor julu.
  23. KAHFI, Lk, 24 Tahun Ds Sibanggor julu
  24. AIHAN HALIF HUSEIN, Lk, 1 Tahun Ds Sibanggor julu
  25. MARDONA NASUTION, Pr, 38 Tahun Ds Sibanggor julu 
  26. DIANA, Pr, 43 Tahun Ds Sibanggor julu. (007)

Komentar

News Feed