oleh

Sengketa PSU Pilkada Madina Disidangkan MK 19 Mei

-Daerah-236 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (10/05)(Panyabungan)- Pasca dilaksanakannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada tanggal 24 April 2021 lalu yang hasilnya menyatakan pasangan calon (paslon) 01 HM Sukhairi Nasution- Atika (Suka) unggul dari paslon 02 Drs H Dahlan Hasan Nasution – H Aswin Parinduri selisih 154 suara di 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Karena tidak terima akibat paslon 01 diduga adanya melakukan pelanggaran, paslon Dahwin melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI).

ptsmmhutmadina

Berdasarkan data yang dihimpun MNC Trijaya Madina, gugatan yang dilakukan paslon 02 Dahwin diterima MK pada tanggal 28 April 2021. Dan atas gugatan tersebut, MK RI telah mengeluarkan jadwal sidang perkara sengketa Pilkada Kabupaten Mandailing Natal (Madina) jilid II bernomor 139/PHP.BUP-XIX/2021

Panitera MK, Muhidin SH M.Hum mengeluarkan surat pemberitahuan sidang bernomor 458.139/PAN.MK/PS/05/2021 yaitu berdasarkan Peraturan MK nomor 6 tahun 2020 tentang Tata Beracara dalam Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota (PMK 6/2020), menyampaikan pemberitahuan hari sidang pertama dalam perkara antara Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution-H Aswin sebagai penggugat terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madina disebut sebagai tergugat.

Dalam surat itu tertulis jadwal sidang pertama pada hari Rabu 19 Mei 2021 pukul 09.00 Wib di ruang sidang Lantai 4 Gedung 1 Mahkamah Konstitusi Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 6-7, Jakarta dalam hal Pemeriksaan Pendahuluan Berdasarkan PMK 6/2020.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Madina, Fadillah Syarief SH saat dikonfirmasi MNC Trijaya Madina, Senin (10/05/2021) membenarkan terkait jadwal sidang MK tersebut, dan beliau mengutarakan bahwa KPU pada prinsipnya siap menghadapi persidangan tersebut.

“untuk menghadapi proses persidangan di MK nanti, pada prinsipnya KPU Madina siap menghadapinya”.ujarnya

Sebelumnya, setelah PSU di 3 TPS yaitu 1 TPS di Desa Bandar Panjang Tua Kecamatan Muara Sipongi dan 2 TPS di Desa Kampung Baru Kecamatan Panyabungan Utara selesai dilaksanakan, Paslon Dahlan-Aswin menggugat ke MK terkait temuan diduga Paslon nomor urut 01 HM Jakfar Sukhairi Nasution-Atika Azmi Utammi kampaye di luar jadwal yang ditentukan.

Selanjutnya tanggal 6 Mei 2021 kemarin, MK telah mengeluarkan akta registrasi perkara konstitusi bernomor 139/PAN.MK/ARPK/05/2021. Akta itu berisi laporan pemohon bernama Drs H Dahlan Hasan Nasution-H Aswin telah tercatat dalam buku registrasi perkara konstitusi elektronik (eBRPK) permohonan perselisihan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati memberikan kuasa hukum kepada Janter Manurung. (007)

Komentar

News Feed