oleh

Sambangi Lapas Panyabungan, Hakim Pengawas Pastikan Putusan Pengadilan Terlaksana

-Daerah-434 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (01/12)(Panyabungan) – Memastikan keputusan pengadilan terlaksana, Hakim Pengawas Pengadilan Negeri Mandailing Natal (PN Madina) melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Panyabungan, Kanwil Kemenkumham Sumut, Rabu (01/12/2021).

Hakim Pengawas PN Madina, Catur Alfath Satriya S.H usai melakukan kunjungan kepada MNC Trijaya Madina menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungannya itu juga untuk memahami perilaku tahanan dan narapidana di dalam Lapas termasuk perlakuan petugas terhadap mereka.

ptsmmhutmadina

“Kegiatan ini untuk mengetahui narapidana selama mereka menjalani masa pidananya, terutama mengenai perilaku mereka masing-masing, maupun perlakuan petugas kepada mereka”.pungkasnya

Catur juga menuturkan, kunjungan ini merupakan wewenang hakim dalam memperoleh informasi terkait putusan pengadilan. 

Dan ketentuan tersebut telah diatur dalam Pasal 280 ayat (1) KUHAP tentang Hakim Pengawas dan Pengamat mengadakan pengawasan guna memperoleh kepastian bahwa putusan pengadilan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Kalapas Kelas IIB Panyabungan, Hamdi Hasibuan kepada MNC Trijaya Madina mengungkapkan, kedatangan tim hakim pengawas ke Lapas ini untuk secara langsung memastikan kondisi para napi yang menjalani hukuman pasca telah di putuskan didalam pengadilan.

“Saat tatap muka, tahanan dan narapidana ditanyai, apakah pelaksanaan putusannya sudah sesuai dengan berkas yang dijalani oleh terpidana”.ujarnya

Dan sambungnya, kemudian Hakim pengawas juga menanyakan Kegiatan sehari-hari mereka dan juga bagaimana pembinaan di dalam Lapas. (007)

Komentar

News Feed