oleh

PPP Madina : Siap Instruksikan Anggota DPRD Dari PPP Menjadi Inisiator Pansus PT SMGP

-Daerah-290 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (15/02)(Panyabungan)- Tragedi lepasnya gas beracun H2S PT Sorik Geotermal Power (PT SMGP) pengembang pembangkit listrik panas bumi (PLTP) yang menewaskan 5 orang warga sibaggor Julu dan puluhan warga di larikan ke RSUD Panyabungan dan RS Permata Madina dan masih ada beberapa warga yang dirawat kembali akibat gas beracun H2S tersebut.

Untuk penyelesaian masalah ini sekretaris partai PPP Muhammad Irwansyah Lubis, SH saat di konfirmasi melalu WhatsApp senin (15/02) mengatakan.
Sebelumnya Partai Persatuan Pembagunan Kabupaten Mandailing Natal ( PPP Madina) mengucapkan Belangsukawa atas kejadian tersebut semoga korban di berikan ketabahan oleh yang maha kuasa.

ptsmmhutmadina

1.Meminta dan mendorong aparat keamanan untuk segera menuntaskan kasus ini secara berkeadilan dan profesional.

2.Meminta kepada pemerintah daerah untuk tetap melakukan tindakan penaganan dan perlindungan terhadap korban terdampak baik fisik, traumatik psikologis dan dampak ekonomi.

3.Mendorong DPRD untuk membentuk pansus PT SMGP untuk mengurangi masalah ini lebih mendalam, dan melahirkan keputusan yang berkeadilan dan berpihak pada rakyat.Pemerintah pusat/ Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia untuk segera melakukan investigasi yang lebih mendalam dan komprehensif. Serta mengkaji dampak dan resiko yang terberat ke depan kepada Masyarakat.

4.Pemerintah Pusat / Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik mendorong untuk memberikan sanksi berat terhadap PT SMGP atas terjadinya dugaan mal operasi dan pelanggaran SOP yg merupakan pelanggaran berat yg seharusnya tdk perlu terjadi jk dilakukan sesuai SOP. Jika memang terbukti tinjau kembali atau membekukan Izin Panas Bumi (IPB) PT SMGP.

5.Perlu kiranya DPRD mengambil langkah-langkah taktis dan politis sebagaimana tatib DPRD, oleh karenanya kami sampaikan agar Pimpinan DPRD dapat memfasilitasi lembaga untuk membentuk Pansus Tragedi gas beracun PT SMGP. Dengan tidak bermaksud menggangu upaya yang telah berlangsung yang sifatnya kekeluargaan dan kemanusiaan, akan tetapi perlu ada jaminan lain bagi masyarakat secara keseluruhn tentang eksistensi hidup dan kehidupan sosial masyarakat yang ada.

“Bahwa Peristiwa Sibanggor dengan tragedi semburan zat H2S menyisakan banyak persoalan didalamnya yg mengakibatkan tidak terpenuhinya rasa keadilan masyarakat seutuhnya. Agar peristiwa dimaksud dapat dijadikan bahan pembelajran bagi semua pihak sehingga ruang keadilan yang ada perlu untuk dibuka secara transparan dengan menempatkan supremasi hukum diatas segalanya.” Ungkap Irwansyah.

Di tempat terpisah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Madina H.M Dahler Nasution di dampingi seketaris Gerakan Pemuda Kabah (GPK) Rizki Agustinhar mengtakan Partai PPP akan intruksikan anggota DPRD
dari PPP menjadi inisiator pansus PT SMGP dan akan mendesak ketua DPRD Madina untuk membentuk Pansus tersebut. Partai PPP akan mengkawal Tragedi gas beracun PT SMGP di Lembaga legislatif DPRD Madina. (15/02)(Bakty Wijaya).

Komentar

News Feed