oleh

Pjs Bupati Madina Tinjau Pembangunan Jembatan Dan Sanitasi Air Bersih

-Daerah-417 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (01/12)(Lembah Sorik Marpi) – Usai menyalurkan bantuan 4000 ribu bibit pisangan Barangan kepada 2 kelompok tani yang ada di desa Aek Marian Kecamatan Lembah Sorik Marapi (LSM) Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Pjs Bupati Madina, Ir H Dahler Lubis melakukan peninjauan pembangunan jembatan di Kecamatan Tambangan, Rabu (01/12/2020).

Pjs Bupati Madina, Ir H Dahler Lubis bersama rombongan terdiri atas Asisten II, Drg Ismail Lubis, Kadis Pertanian, Siar Nasution, Kadis PUPR, Subuki Nasution dan Kadis Perkim, Khairul, ST setibanya di lokasi pembangunan jembatan Tambangan, langsung memeriksa kondisi pembangunan jembatan yang terlihat progresnya sudah mencapai 98 persen.

ptsmmhutmadina

Kepada MNCTrijaya Madina Pjs Bupati Madina, Ir H Dahler Lubis didampingi Kadis PUPR, Subuki Nasution mengatakan pembangunan jembatan Tambangan ini sudah hampir rampung dan sebentar lagi akan dapat dipergunakan masyarakat 7 desa yang ada di seberang Batang gadis.

“Alhamdulillah, dengan waktu yang tidak lama lagi, jembatan Tambangan inj akan rampung pengerjaannya dan akan segera bisa dipergunakan masyarakat. Intinya, setelah melakukan perjuangan untuk mempertahankan anggaran agar jembatan ini terbangun, kini telah terealisasi”.ujarnya

Semoga saja imbuhnya, jembatan ini akan dapat menggeliatkan kembali warga kita yang ada di seberang batang gadis untuk membawa hasil pertaniannya demi meningkatkan perekonomian mereka.

“seperti hal inilah gunanya pemerintah ada untuk masyarakat”.tegasnya

Sementara itu Kadis PUPR Madina, Subuki Nasution menambahkan, sebenarnya pembangunan jembatan ini merupakan lanjutan dari pembangunan awal dimana pada tahun 2018 lalu terkena musibah alam yakni hanyut terbawa arus sungai.

Setelah bersama masyarakat Kecamatan Tambangan berjuang, dengan kuatnya dukungan warga, akhirnya pengalokasian dana yang kita masukkan di tahun 2019 lalu untuk pembangunan jembatan ini, di tahun 2020 ini baru dapat kita realisasikan walaupun saat ini kita sedang dilanda pandemi covid-19″.terangnya

Menjawab pertanyaan wartawan kapankah jembatan ini rencananya akan berfungsi, Kadis PUPR Madina, Subuki Nasution menerangkan bahwa jembatan Tambangan tersebut diperkirakan akan di fungsikan di bulan desember 2020 ini.

Tinjau Air Bersih

Selesai melakukan tinjauan pembangunan jembatan Tambangan di Kecamatan Tambangan, Pjs Bupsti Madina, Ir H Dahler Lubis bersama rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya melakukan peninjauan air bersih di desa Purba lamo kecamatan Lembah Sorik Marapi.

Di desa Purba lamo, Pjs Bupati Madina, Ir H Dahler Lubis sempat melakukan uji coba menggunakan sarana air bersih yang dibangun oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Madina didampingi oleh kadis Perkim Madina, Khairul, ST.

Dan saat meninjau langsung bak air penampungan, Pjs Bupati Madina, Ir H Dahler Lubis yang juga merupakan putra asli Madina tepatnya berasal dari desa Pagaran tonga Kecamatan Panyabungan selatan ini bertanya kepada Kadis perkim dan pendamping atau fasilitator Pamsimas Kecamatan LSM dari mana asal air dan apakah airnya bisa di konsumsi warga dan saat ini sudah berapa rumah tangga tersaluri air bersih.

Kadis Perkim bersama fasilitator menjawab bahwa sumber air berasal dari mesjid yang jaraknya 2 kilometer dari lokasi bak penampungan. Lalu terkait apakah air bisa dikonsumsi (di minum), Khairul menjawab berdasarkan hasil laboratorium, air bersih ini bisa diminum atau di konsumsi warga.

Kemudian tambahnya, saat ini untuk desa Purba lamo kecamatan LSM baru 24 rumah tangga yang tersaluri air bersih. Dan sambungnya, untuk berikutnya akan ditambahi guna memenuhi 100 KK lebih rumah warga yang ada di desa Purba lamo tersebut. (007)

Komentar

News Feed