oleh

Pesta Durian di Pekan Raya Durian Kecamatan Tambangan

-Daerah-480 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (12/02) (Tambangan) – Ratusan pengunjung memadati seluruh stand di Pekan Raya Durian Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal, Sabtu (12/2/2022). Acara yang digelar selama dua hari ini mulai tanggal 12 – 13 Februari 2022, menyediakan beberapa stand dari seluruh pemerintahan desa yang ada di kecamatan tersebut.

Pengunjung bisa menikmati berbagai varian durian dan produk unggulan desa yang ada di Kecamatan Tambangan.

ptsmmhutmadina

Kegiatan yang berlokasi di lapangan SMP Negri 1 Tambangan ini di buka oleh Bupati Madina, Muhammad Ja’far Sukhairi Nasution.

Dalam kesempatan itu, Bupati Madina mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan unsur pimpinan kecamatan tambangan yang telah menyelenggarakan kegiatan pekan raya durian tersebut.

Kabupaten Madina merupakan daerah yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan tanah yang cukup subur, sehingga dapat dimanfaatkan untuk persawahan dan perkebunan.

Turut hadir Kapolres Madina, AKBP Muhammad Reza SIK beserta jajaran, Kepala Kejari, Taufiq Djalal, dan ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Eli Mahrani Sukhairi Nasution.

Sementara Ketua Panitia, Ali Musa Manto menyampaikan pencanaganan durian dan manggis sebagai produk unggulan kawasan perdesaan sesuai dengan keputusan Bupati Madina nomor 521/0904/K/2021 tentang penetapan kawasan pengembangan pertanian Kabupaten Madina.

Memfasilitasi untuk terselenggaranya suatu forum pertukaran informasi dan pengetahuan tentang perlindungan dan pemberdayaan pertanian khususnya durian dan manggis dalam rangka pencapaian dan kemandirian pangan dan kesejateraan serta peningkatan prekonomian petani.

Meningkatkan rasa percaya diri para petani untuk mengangkat perekonomian masyarakat petani melalui produk unggulan Kecamatan Tambangan yaitu komoditi durian dan manggis.

Memperkenalkan kualitas dan kuantitas durian dan manggis lokal dari Kecamatan Tambangan kita ini tidak kalah baik kualitas dan rasanya dibandingkan dengan buah durian dari daerah lain maupun imfor.

Lebih lanjut, Manto mengatakan hal ini menjadikan acara pekan raya durian dan produk unggulan Desa se Kecamatan Tambangan ini sebagai acara reguler tahunan secara terus menerus sampai ke anak cucu kelak.

“Pekan raya durian ini merupakan hasil musyawarah 18 Desa ditambah 1 Kelurahan se Kecataman Tambangan yang erat kaitannya dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia 104 tahun 2021 tentang rincian APBN tahun anggaran 2022 yang salah satunya Dana Desa 20 persen untuk ketahanan pangan dan hewani,” Kata Manto.

“Sumber dana pelaksanaan pekan raya durian ini bersumber dari Dana Desa dan pihak ketiga yang tidak mengikat dan juga didukung oleh semua pihak mulai dari Organisasi Masyarakat dan Kepemudaan,” Pungkasnya.

Jurnalis: Joki Nasution

Komentar

News Feed