oleh

Peresmian Unit Hemodialisis (Cuci Darah) dan CT-Scan RSUD Panyabungan

-Daerah-587 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (16/12) (Panyabungan) – Saat ini, Indonesia tengah menghadapi tantangan serius berupa beban ganda penyakit. Penyakit ginjal yang kronis atau kegagalan fungsi ginjal merupakan salah satu penyakit yang memerlukan penanganan cuci darah (dialisis).

Untuk itu, dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan memberikan kepuasan kepada masyarakat, RSUP Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) selalu berusaha untuk menambah berbagai fasilitas kesehatan (faskes) sarana pendukung, serta meningkatkan pelayanan yang diperlukan masyarakat khususnya masyarakat. Pada hari ini, Kamis 16 Desember 2021 merupakan hari bersejarah untuk perkembangan pelayanan kesehatan di Kabupaten Madina khususnya di faskes RSUD Panyabungan, dengan telah diresmikannya Instalasi Hemodialisis dan CT-Scan oleh Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi.

ptsmmhutmadina

Acara ini juga dihadiri Forkopimda, Ketua Korwil Pernefri Sumut-NAD, Sekdakab Madina, Asisten dan Staf Ahli Setdakab Madina, Kepala Dinas Kesehatan dan OPD Lainnya, Kepala BPJS cabang Padangsidimpuan, Direktur RSUD Panyabungan, Direktur RSUD Dr. Husni Thamrin Natal, dan turut dihadiri oleh Kepala Fasyankes (Puskesmas/Klinik) wilayah sekitar RSUD Panyabungan.

Acara peresmian dibuka dengan laporan dari Penanggung Jawab ruangan unit Hemodialisis, dr. Syafran Halim Harahap, Sp.PD. Dalam laporannya disampaikan bahwa Sumber Daya Manusia kesehatan dibidang Hemodialisis di RSUD Panyabungn sudah memiliki dokter-dokter yang bersertifikat serta ada enam mesin yang bisa difungsikan. Beliau juga memberikan masukan bagi manajemen untuk membuka kerjasama yang lain. Rencana ke depan memberangkat perawat – perawat mengikuti pelatihan. Selanjutnya sambutan dari Ketua Korwil Pernefril Sumut-NAD.

Kegiatan dilanjutkan kata sambutan dari Wakil Bupati Madina, Atika Azmi Utammi.

“Melalui persiapan yang panjang akhirnya telah memiliki pelayanan Hemodialisis dan ST-Scan di RSUD Panyabungan,” Kata Atika Azmi Utammi dalam sambutannya.

Hal ini merupakan pencapaian yang patut kita syukuri bersama, sejalan dengan slogan kita saat ini “Madina Bersyukur”.

“Diharapkan dengan adanya penambahan layanan pengembangan seperti Unit Hemodialisis dan CT-Scan dapat terus melayani masyarakat dengan maksimal, mengutamakan mutu serta keselamatan pasien,” Pungkasnya.

Diakhir acara, Wakil Bupati Madina beserta rombongan melakukan gunting pita tanda dibukanya ruang pelayanan ruang unit Hemodialisis dan ST-Scan. Wakil Bupati Madina beserta rombongan juga melakukan peninjauan kedua ruangan dan melakukan zoom meeting dengan Supervisor Hemodialisis dr. Alwi  Thamrin Nasution, SpPD, KGH., yang berada di Medan,

Jurnalis: Joki Nasution

Komentar

News Feed