oleh

Pengajuan Prapid Mantan Camat Natal Ditolak

-Daerah-152 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (14/09)(Panyabungan) – Pengadilan Negeri Mandailing Natal (PN Madina) melalui siaran persnya kepada sejumlah media menerangkan bahwa gugatan pengajuan perkara Praperadilan dengan nomor 2/Pid.Pra/2021/PN Mdl atas nama Pemohon Riplan,S.Sos dan Termohon Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Mandailing Natal Yusiman Harefa, SH telah diputus, Selasa (14/09/2021).

Hakim tunggal Arief Yudiarto, S.H., M.H. pada Pengadilan Negeri Mandailing Natal melalui persidangan yang terbuka untuk umum tersebut memutuskan menolak permohonan praperadilan pemohon untuk seluruhnya. Dan menghukum pemohon untuk membayar biaya perkara yang timbul dalam perkara sejumlah Rp5.000,00. 

ptsmmhutmadina

Adapaun dasar pertimbangan hakim dalam pjtusan perkara praperadilan nomor : 2/Pid.Pra/2021/PN Mdl ini adalah : 

  1. Hakim memperoleh keyakinan berdasarkan keterangan saksi, risalah hasil audit dari BPKP, dan barang bukti yang diajukan ke persidangan bahwa penetapan tersangka atas nama Riplan, S.Sos sudah sesuai dengan peraturan perundang- undangan.
  2. Pemohon tidak dapat membuktikan dalilnya.

Maka, dengan ditolaknya permohonan praperadilan, maka perkara pokok terkait kasus korupsi Dana Desa di Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal atas nama tersangka Riplan, S.Sos akan dilanjutkan.

Berdasarkan KUHAP, Undang-Undang Mahkamah Agung, dan Perma Nomor 4 tahun 2016 putusan praperadilan tidak dapat dilakukan upaya hukum sehingga putusan praperadilan langsung berkekuatan hukum tetap. (007)

Komentar

News Feed