oleh

Penambang Emas Ilegal Rusak Sungai Batang Gadis, LSM LIRA Madina : APH Diminta Tindak Tegas

-Daerah-549 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (04/12)(Panyabungan) – Setelah Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Natal rusak akibat penambangan emas tanpa izin (illegal), Kini alat berat milik penambang mulai merambah ke aliran sungai Batang Gadis, Kecamatan Kotanopan, Mandailing Natal (Madina).

Seperti yang kita ketahui bersama. Sungai Batang gadis adalah salah satu sungai yang menjadi kebanggaan Kabupaten Madina. Sebab, bila di sebut sungai Batang gadis, maka orang akan langsung teringat akan kabupaten Madina.

ptsmmhutmadina

Nah, apabila sungai batang gadis ini juga akan dirusak seperti sungai batang natal oleh oknum tak bertanggung jawab yang hanya memikirkan keuntungan pribadi tanpa memikirkan orang banyak yang masih menggantungkan hidupnya di sungai tersebut. Maka perlu ditanyakan kemana hati nurani masyarakat Madina apabila membiarkan hal ini terus berkelanjutan.

Menyikapi hal ini, Sekretaris LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Madina, M Syawaluddin kepada MNC Trijaya Madina, Sabtu (04/12/2021) menegaskan untuk menertibkan tambang liar ini, polisi harus segera turun tangan. Jangan sampai akibat penambangan liar ini akhirnya membawa petaka bagi masyarakat.

“Cukuplah sungai batang natal yang menjadi contoh akibat kerakusan para cukong tambang yang leluasa melakukan pengerukan di aliran sungai Batang Natal dengan alat berat, tanpa tersentuh hukum karena tidak memiliki izin seperti yang telah diatur dalam UU No 3 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas UU No 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara”.sebutnya

Maka dari itu ungkapnya, Kepolisian Resort Madina dan Kepolisian Daerah Sumetera Utara (Poldasu) jangan tutup mata. Sedah seharuanya untuk hal ini agar lebih pro aktif dalam menyikapi dan melakukan penindakan terhadap pelaku penambangan emas tanpa izin tersebut. 

Karena jelasnya, sungai Batang Gadis merupakan salah satu sungai yang penting bagi keberlangsungan pertanian dan warga sekitar sungai yang memakai aliran sungai untuk keperluan hidup sehari-hari. (007)

Komentar

News Feed