oleh

Pemkab Madina Gelar GSMM Putuskan Rantai Covid-19

-Daerah-115 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (23/08) ( Panyabungan) – Dengan tujuan mengantisipasi penyebaran serta memutuskan rantai penyebaran Coronavirus disease (Covid-19). Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs H Dahlan Hasan Nasution meresmikan Gerakan Setengah Miliar Masker (GSMM) untuk masyarakat Madina, dan dimulai dari 30 Desa yang ada di Kecamatan Panyabungan, Minggu (23/08/2020)

Peresmian acara GSMM tersebut dihadiri Kapolres Madina, AKBP Horas Tua Silalahi SIK diwakili Kapolsek Panyabungan AKP. Andi Gustawi dan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Madina, Camat Panyabungan, Idris Batubara, kepala desa se-kecamatan Panyabungan dan Ketua Tim penggerak PKK se-kecamatan Panyabungan.

BNNCOVID19

Camat Panyabungan Kota, Idris Batubara dalam pidato sambutannya menuturkan bahwa peresmian gerakan setengah miliar masker ini merupakan program dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Republik Indonesia.

“Selamat datang bapak Bupati Madina, Raja Panusunan Bulung. Dapat kami beritahukan bahwa kegiatan ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Desa dan PDT tentang gerakan setengah miliar masker untuk desa aman Covid-19. 

Surat edaran Menteri tersebut ditindaklanjuti Bupati dan sudah disosialisasikan ke desa-desa yang ada di Kecamatan Panyabungan. Dan yang sudah kita bagikan maskernya hari ini sebanyak 5 ribu masker dan target kita untuk Kecamatan Panyabungan sebanyak 90 ribu masker”.terangnya

Idris juga menyebutkan terkait pembagian masker kepada masyarakat ini ada kendala di pemerintahan kelurahan yang diakibatkan tidak adanya alokasi anggaran di kelurahan untuk pembelanjaan masker, sementara Kecamatan Panyabungan Kota memiliki 9 kelurahan. 

Sementara itu Bupati Madina, Drs H Dahlan Hasan Nasution dalam sambutannya menyatakan, gerakan setengah miliar masker yang dicanangkan pemerintah pusat ini merupakan sebuah bentuk kepedulian pemerintah kepada rakyatnya hingga ke pelosok desa yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19 yang telah banyak merenggut nyawa.

“dalam lima bulan ini kita semua telah diuji dengan bencana non alam bernama Covid-19 dan sudah banyak menelan korban jiwa. Namun kita juga bersyukur, sebab daerah kita ini masih zona hijau dan Alhamdulillah belum ada yang terpapar. Kalau pun ada itu adalah warga kita yang tinggal di perantauan dan pulang kampung”.ungkapnya

Lanjutnya, Virus Covid-19 ini merupakan penyakit berbahaya dan berbeda dengan penyakit lainnya. Satu-satunya cara memutus penyebaran virus Covid-19 ini yaitu dengan berdoa dan mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa, dan tentunya kita harus mematuhi protokol kesehatan, aktif menggunakan masker, sering cuci tangan, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Dan Bupati juga mengimbau serta mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan gerakan setengah miliar masker ini dengan memakai masker setiap hendak beraktifitas keluar rumah

“kalau nanti maskernya sudah dibagikan, mari kita pakai setiap mau ke luar rumah. Jangan seperti selama kita bagikan masker tapi tidak pakai. Dan mari kita berusaha dan berdoa agar daerah kita ini aman dari Covid-19”.pintanya

Pantauan MNC Trijaya Mandailing Natal, di akhir acara Bupati Madina, Drs H Dahlan Hasan Nasution memakaikan masker kepada perwakilan warga dari semua desa yang ada di Kecamatan Panyabungan kota.  

Dan Bupati juga memberikan hadiah kepada para juara lomba pada peringatan HUT Kemerdekaan RI di Desa Sigalapang dan Kampung Padang kecamatan Panyabungan kota. (007).

Komentar

News Feed