oleh

Pemerintah Segera Tertibkan Tambang Ilegal Sungai Batang Natal 

-Daerah-305 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (28/04)(Panyabungan) – Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) segera akan menertibkan Pertambangan ilegal yang berada di sungai batang Natal Kabupaten Madina.

Wacana penertiban tambang ilegal yang selama ini telah meresahkan warga disepanjang akiran sungai Batang Natal itu di ketahui setelah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Madina melakukan rapat membahas kegiatan pertambangan emas Liar di DAS Wilayah Kecamatan Batang Natal dan Lingga Bayu, selasa (28/4).

BNNCOVID19

Rapat yang dihadiri Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution, Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, Komandan Korem 023/KS, Komandan Kodim 0212 Tapsel, Wakapolres Madina Kompol E Zalukhu, dan beberapa pejabat dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, termasuk Kepala Dinas Pertambangan Sumut menyepakati penertiban praktek tambang ilegal yang beroperasi di saluran sungai Batang Natal selama beberapa tahun ini.

Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution melalui Kabag Humas dan Protokol, Wildan Nasution kepada Media menuturkan, hasil rapat tersebut telah sepakat untuk segera melakukan penertiban praktek tambang ilegal menggunakan alat berat di aliran sungai Batang Natal yang telah jelas-jelas merusak sungai dan areal persawahan tersebut.

“penertiban tambang illegal disungai Batang Natal ini akan dilakukan secara bersama-sama guna menyelamatkan ekosistem dan lingkungan, terlebih-lebih untuk kepentingan MCK masyarakat”.ungkapnya

masih Wildan, tadi dalam rapat forkopimda sudah sama-sama sepakat agar dilakukan penertiban tambang emas ilegal di sungai Batang Natal. Karena dampaknya sudah semakin parah, mereka menggunakan alat berat dalam prakteknya.

Dan lanjutnya, terkait waktu penertibannya masih akan dibahas kembali kapan dilaksanakannya, kemungkinan setelah lebaran karena tak mungkin dilakukan saat bulan puasa.

Sementara Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis mengatakan penertiban tambang ilegal itu harus dilaksanakan. Tetapi harus melihat situasi dan waktu.

“Harus ditertibkan, hanya saja kita harus kaji semua, pertimbangan kebutuhan masyarakat sekarang juga harus dikaji. Barangkali setelah lebaran akan ditertibkan,” kata Erwin.

Di sisi lain, Erwin meminta kepada semua pelaku tambang ilegal di sungai Batang Natal agar berpikir objektif atas rencana penertiban tersebut.

“Mereka harus berpikir objektif. Jangan dengan alasan mencari nafkah sungai Batang Natal tercemari dan rusak. Karena bukan hanya mereka yang bergantung dan membutuhkan sungai Batang Natal. Sekarang kondisinya rusak dan tercemari betul, karena pelaku tambangnya menggunakan alat berat,” kata Erwin. (007)

Komentar

News Feed