oleh

Meriahkan Idul Fitri 1443 H, Warga Desa Kayu Laut Gelar Hiburan Rakyat

-Daerah-338 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (04/05) (Panyabungan Selatan) – Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang sangat dinantikan oleh umat Islam diseluruh penjuru dunia. Hal ini lantaran banyak sekali tradisi serta perayaan yang selalu menghiasi sesuai dengan tradisi dan kebudayaan daerah masing-masing. Mulai dari tradisi mudik, berkunjung keluarga, ziarah kuburan, tradisi makan ketupat/lemang, lontong hingga berbagi THR.

Berbeda halnya dengan tradisi masyarakat Desa Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara yang memiliki tradisi unik memperingati lebaran beberapa tahun terakhir. Pada hari raya idul fitri tahun 2022 ini masyarakat Desa Kayu Laut kembali mengadakan pesta rakyat tepatnya di depan pasar Kayu Laut, Rabu (4/5/2022). Jalan menuju lokasi ini pun terpaksa ditutup dan dialihkan.

ptsmmhutmadina

Pesta rakyat ini diadakan oleh para pemuda setempat setiap tahunnya yang berisikan perlombaan seperti panjat pinang, lomba makan kerupuk, lomba masak khas daerah para kaum ibu, pertunjukan seni budaya dan perlombaan lainnya yang menambah kemeriahan tradisi ini.

Pantauan, terlihat warga bersemangat untuk mengikuti dan menonton acara pesta rakyat tersebut. Dina Syarifah, salah seorang warga Desa Kayu Laut menyebutkan, antusias masyarakat dan perantau sangat mendukung acara tersebut.

“Luar biasa antusias warga, terima kasih juga kepada para perantau yang cinta akan kampung halamannya yang telah memberikan sumbangsihnya”, Ucap Dina Syarifah.

Dia juga berharap kedepannya acara ini lebih meriah daripada tahun sekarang. Selebrasi – selebrasi yang kita ajukan terus mendapat dukungan dari masyarakat dan perantau khususnya fasilitas peningkatan pendidikan dan pendapat masyarakat Desa Kayu Laut.

Pesta rakyat ini digelar mulai pagi hingga malam di Desa Kayu Laut yang bertujuan memeriahkan Lebaran Idul Fitri tahun 2022. Meskipun hadiahnya sederhana yaitu amplop berisi uang tunai, namun sudah membuat anak anak bersemangat untuk mengikuti.

Pemuda setempat juga dengan senang hati mempersiapkan perlombaan seperti mencari pohon pinang dan melumurinya dengan oli. Selain peserta lomba panjat yang dadakan naik turun akibat batang pinang yang licin, pakaian peserta lomba panjat pinang menambah kelucuan para penonton.

Jurnalis: Joki Nasution

Komentar

News Feed