oleh

Memelihara Keseimbangan Lingkungan Di Tengah Pembangunan Wilayah, Bentuk Komitmen Pemkot Kendari

-Daerah-358 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (09/12) (Kendari) – Sejumlah pemerintah daerah di Indonesia kian menyadari betapa pentingnya antara pembangunan wilayah dengan memelihara lingkungan.

Berbagai bukti telah diperlihatkan, bencana banjir tidak hanya terjadi di ibukota tetapi juga hingga di pelosok-pelosok. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya memelihara lingkungan di tengah-tengah upaya melaksanakan pembangunan.

ptsmmhutmadina

Pencanangan penanaman 1000 pohon di Kecamatan Puuwatu beberapa waktu lalu, Selasa (30/11/2021) adalah sebagai antisipasi menekan risiko bencana alam banjir di daerah tersebut.

Wali kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, kegiatan penanaman 1000 pohon yang dicanangkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari itu sangat berkaitan dengan dengan visi Kota Kendari untuk mewujudkan kota yang layak huni, berbasis ekologi, informasi dan teknologi.
“Ketika kita membangun daerah kita tentu tidak boleh kita hanya melihat fisiknya saja, membangun infrastruktur, tetapi kita tetap juga harus memperhatikan keseimbangan alam,” ucap Wali Kota.

lebih lanjut wali kota menyampaikan, Pemkot Kendari dalam membuat kebijakan, khususnya dalam melaksanakan pembangunan tetap memperhatikan aspek lingkungan sebagai implementasi perwujudan visi kota kendari yang berbasis ekologi, informasi dan tehnologi.

Kegiatan penanaman pohon mempunyai dampak positif khususnya untuk masyarakat dan mengajak masyarakat agar generasi yang akan datang tetap bisa menikmati suasana alam yang asri.

Wali Kota berpesan, agar pohon yang di tanam itu dapat dipelihara, sebab menurutnya bencana tidak dapat diketahui datangnya kapan dan berasal dari mana
“Kalau bencana sudah datang sering kali suka saling menyalahkan, kita tidak mau itu terjadi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kendari, Subhan, mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkot Kendari yang selalu mempertimbangkan aspek lingkungan dalam gerak laju pembangunan di daerah itu.

Menurut dia, pembangunan yang mengabaikan aspek lingkungan kedepan justru akan menjadi ancaman resiko bencana bagi daerha yang tentunya akan memberikan dampak negatif yang lebih parah buat daerah.

“Pembangunan yang berjalan harus saling menopang dengan keseimbangan lingkungan. Secara kelembagaan kami sangat mendukung upaya pemkot dalam melestarikan dan menjaga keseimbangan lingkungan di tengah menjamurnya pembanguan fisik di daerah ini,” pungkasnya.

Kelestarian alam merupakan salah satu warisan yang akan diturunkan kepada generasi selanjutnya. Oleh karena itu kepedulian terhadap lingkungan harus ditanamkan kepada anak-anak dari sejak dini. Apapun perilaku menjaga lingkungan dapat berdampak baik terhadap keberlangsungan bumi. (09/12)(HenQ)

Komentar

News Feed