oleh

Mediasi Dengan DPRD Madina Gagal, LSM TUMPAS Persiapkan Gugatan Terhadap PT. Gruti Lestari Pratama ( GLP)

-Daerah-674 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (18/03)(Panyabungan) – Hasil dari pertemuan segi 4 yang telah di selenggarakan di kantor DPRD Mandailing Natal, 25 Januari 2021 yang lalu. Dimana Rapat Dengar Pendapat (RDP) saat itu menyepakati bahwa Pihak PT.Gruti Lestary Pratama (GLP) akan menyelesaikan Masalah Tenaga Kerja dengan waktu 15 hari Kerja.
Namun hingga sampai dengan saat ini 18 Maret 2021 kesepakatan itu belum ada penyelesaian.

Bisri Samsuri Ketua Harian DPP LSM TUMPAS saat di konfirmasi MNC by phone , kamis (18/3) menjelaskan bahwa pihaknya sangat menyayangkan sikap dari PT Gruti Lestari Pratama yang dengan sangat nyata tidak lagi menghargai kesepakatan bersama dengan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mandailing Natal (DPRD MADINA), DINAS TENAGA KERJA, LSM TEAMA UPAYA MASYARAKAT PEDULI AMANAH SEJAHTERA (TUMPAS) Dan 34 orang Buruh GLP yang telah di PHK. Bahkan Pihak gruti sempat menyurati Kepala Dinas Tenaga Kerja Mandailing Natal dengan Nomo.172/glp/III/2021 Prihal mutasi karyawan, pihak GLP menyampaikan permohonan agar tidak usah menanggapi karena LSM TUMPAS dinilai DPP LSM Tumpas terlalu mencampuri intern perusahaan.

ptsmmhutmadina

“DPP LSM TUMPAS sangat menyayangkan sikap GLP yang kami nilai tidak peduli dengan amanat konstitusi yaitu UU NO.13 Tahun 2003 tentang tenaga kerja.Dengan gagalnya kesepakatan bersama tersebut maka DPP LSM TUMPAS telah Membuka kerjasama dengan LBH UMSU dan juga LSM PAKAR di Medan Sumatera Utara untuk mendapatkan keadilan bagi tenaga Kerja yang telah PHK oleh PT. GRUTI LESTARI PRATAMA (GLP)” Ungkap Bisri

Seterusnya Bisri mengatakan Saat Diskusi dengan ATAN MANGANTAR GULTOM ketua Umum LSM PAKAR, IBU Ir. LINCERIA NAINGGOLAN ketua DPW LSM PAKAR SUMATERA UTARA beserta jajaran pengurus saat di kunjungi DPP LSM TUMPAS di kantor DPW LSM PAKAR di Jl. Busi Medan menyambut baik upaya kerja sama dengan TUMPAS dalam menangani masalah yang menimpa Para karyawan PT.GRUTI LESTARI PRATAMA.

Bisri menambahkan, LSM PAKAR akan ikut berjuang dalam penyelesaian masalah ini kita akan desak Polda turut ambil bagian dalam kasus ini, pasalnya dari rangkaian pemaparan para karyawan dan juga LSM TUMPAS, PAKAR Menilai banyak kejanggalan termasuk pemutasian tenaga kerja saat proses negosiasi sedang berjalan dan juga surat pemutasian oleh PT Gruti lestari pratama sangat banyak kejanggalan dan kita menduga ada terjadi manipulasi yang berpotensi merupakan tindakan pidana. Hal itu di ungkapkap Bu Ir. LINCERIA NAINGGOLAN kepada LSM Tumpas.

Untuk persoalan ini, DPP LSM TUMPAS menyampaikan akan menempuh jalur hukum dalam penuntasan masalah ini. secepatnya LSM TUMPAS akan tempuh langkah-langkah mulai dari upaya Biparti,Triparti sampai Gugatan Ke PHI agar secepatnya para karyawan Mendapatkan haknya. (18/03)(Bakti Wijaya).

Komentar

News Feed