oleh

Masjid Jami’ Kotasiantar Juara Terbaik 1 Tingkat Kabupaten Madina

-Daerah-141 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (08/03) ( Panyabungan) – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Mandailing Natal (Madina) ke 22 tahun. Pemerintah Madina melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar lomba sosial bernuansa Islami.

Adapun lomba yang digelar termasuk lomba masjid terbersih, Nasyid, Pildacil putra putri dan Azan ditempatkan di objek wisata Sampuraga Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat.

ptsmmhutmadina

Dari 23 Kecamatan di Kabupaten Madina, Kecamatan Panyabungan meraih beberapa prestasi diantaranya juara terbaik 1 kebersihan masjid bertempat di Kelurahan Kotasiantar, kemudian juara terbaik 1 Azan dari Kelurahan Sipolu-polu, juara terbaik 1 Nasyid ibu-ibu PKK tingkat Kecamatan serta juara harapan 1 dan 3 Pildacil putra putri.

Penyerahan hadiah lomba masjid terbersih diwakilkan Camat Panyabungan Idris Batubara di Kantor Camat yang diterima langsung Ketua Badan Kenaziran Masjid (BKM) Jami’ Darussalam Kelurahan Kotasiantar, DR. H Kohar Hasibuan didampingi Sekretaris BKM Ahmad Saiful Harahap dan Lurah, Syanan Nasution S,Sos, Senin (8/3/2021).

Camat Panyabungan mengapresiasi kinerja pengurus BKM yang telah mau bekerja keras memelihara rumah Allah tersebut. Idris berharap agar kedepannya prestasi itu dipertahankan.

”Ini adalah prestasi yang membuat kita bangga di Panyabungan. Setiap tahun pak Bupati Drs Dahlan Hasan Nasution menyelenggarakan perlombaan islami untuk mengisi acara HUT Madina, hari ini Masjid di Kotasiantar terpilih sebagai juara terbaik 1 dan telah membawa nama harum Kecamatan Panyabungan,

”Saran saya hanya satu, marilah berlomba-lomba dalam kebaikan, pelihara dan rawatlah masjid. Seterusnya terbuka kepada masyarakat, tampung apa masukan mereka lalu buat forum untuk mendiskusikan jalan terbaiknya. Saya sangat bangga atas prestasi ini, semoga bisa dipertahankan,”Katanya

Sementara ketua BKM Masjid Jami’ Darusalam Kotasiantar, DR H Koharuddin menyampaikan perjalanan hingga terwujudnya masjid yang dia bina mendapat penghargaan tingkat Kabupaten.

”Pertama kami sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan Pemda Madina sebagai masjid terbersih. Saya ceritakan sedikit perjalanan membangun masjid ini, dua tahun belakangan ini saya maju untuk pengurus dan dipercaya masyarakat menjadi ketua, banyak rintangan yang dihadapi,

”Dengan demikian, rintangan tersebut bisa diselesaikan dengan cara keterbukaan segala hal permasalahan yang ada di lingkungan masjid terhadap masyarakat. Alhamdulillah dalam waktu setahun ini, infak masyarakat sudah mencapai setengah milyar dan infak tersebut sudah kita bangunkan untuk rehab masjid mulai dari kamar mandi, cat dan keramik,”ungkap DR Kahar.

Wakil Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Madina itu menceritakan sedikit prestasi yang diterima masjid tersebut.

”Masjid ini sudah tua berumur 40 tahun, pada tahun 2000 kita telah mendapat juara terbaik 2 dari Pemprov Provinsi Sumatera Utara, dan mendapatkan prestasi kembali juara 3 tahun 2004 dan juara 2 kembali tahun 2011. Sudah empat kali kita mendapatkan prestasi,”tambahnya

Ditempat terpisah, Lurah Kotasiantar, Syahnan S,Sos menegaskan kepada masyarakat di Kabupaten Madina bahwa prestasi tersebut salah satu membuktikan Kotasiantar sudah mulai bersih dari kejahatan bentuk narkotika.

”Kami optimis merubah kampung ini menjadi kampung bersih dari narkoba, prestasi ini akan kami pertahankan,”tutupnya. (08/03)( Bakty Wijaya).

Komentar

News Feed