oleh

Madina Siap Penyumbang Bawang Merah Di Sumut

-Daerah-128 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (01/12) ( Panyabungan Barat) – Untuk memberikan contoh serta memberikan semangat kepada para petani yang ada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Pjs Bupati Madina, Ir H Dahler Lubis memanen tanaman bawang merah yang telah beliau tanam pada saat baru bertugas di Kabupaten Madina pada tanggal 27 September 2020 lalu.

Hal ini beliau lakukan karena menilai bahwa Kabupaten Madina memiliki potensi yang cukup besar bagi pengembangan bawang merah di Provinsi Sumut. berdasarkan hasil bawang merah yang ia tanam, dari satu ton bibit yang ditanam di atas lahan seluas satu hektar, ternyata panennya dapat menghasilkan sebanyak 10 sampai 12 ton bawang merah.

BNNCOVID19

Pjs Bupati Madina, Ir H Dahler Lubis saat usai memanen bawang merah di desa Runding Kecamatan Panyabungan barat, Rabu (01/12/2020) memaparkan, bawang merah yang dipanen ini diperkirakan berumur 65 hari atau 2 bulan lebih. Dan mengapa bisa begini, hal itu disebabkan Madina memiliki potensi yang bagus dengan kondisi tanahnya bagus. 

“Dengan potensi ini, apabila para petani kita bersungguh-sungguh, kita meyakini nantinya Madina bisa menjadi sebagai salah satu daerah penyumbang bawah merah terbesar di Sumut. Karena, hingga saat ini Provinsi Sumut masih kekurangan pasokan bawang merah berkisar 25 ribu ton dari kebutuhan 43 ribu ton”.ungkapnya

Dijelaskannya, sampai saat ini jumlah yang terpenuhi dari berbagai daerah baru sekitar 18 ribu ton. Dan untuk memenuhi kebutuhan itu, pasokan bawang merah masih didatangkan dari luar daerah Provinsi Sumut yakni dari daerah Brebes dan Solok.

Maka dari itu, guna menutupi kebutuhan tersebut, kedepannya kita dari Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Sumut akan membuat kawasan-kawasan budidaya tanaman holtikultura termasuk didalamnya bawang merah.

Kepala Dinas Pertanian Madina, Siar Nasution menegaskan, dalam rangka mendukung pemenuhan kebutuhan bawang merah di Provinsi Sumut, kedepan pihaknya akan melibatkan seluruh kelompok-kelompok tani yang ada di daerah Kabupaten Madina ini.

“Guna mencukupi kebutuhan bawang merah di Provinsi Sumut ini, Kedepan kita akan segera membuat kawasan-kawasan pertanian di Madina khusus bawang merah seperti di desa Runding serta di daerah lainnya”.tandasnya (007) 

Komentar

News Feed