oleh

Kunjungi Lapas Panyabungan, Hakim Pengawas PN Madina Pastikan Keputusan Pengadilan Telah Dijalankan

-Daerah-306 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (04/10) (Panyabungan) – Guna melakukan pengawasan dan pengamatan kepada para narapidana dan tahanan. Hakim pengawas Pengadilan Negeri Mandailing Natal (PN Madina) melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Panyabungan, Senin (04/10/2021).

Dan salah satu tujuan kunjungan hakim pengawas PN Madina ini berkunjung ke Lapas Kelas IIB Panyabungan adalah untuk memastikan apakah semua keputusan pengadilan telah dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya.

ptsmmhutmadina

Hakim Pengawas PN Madina, Catur Alfath Satriya, SH beserta tim kepada MNC Trijaya Madina menjelaskan bahwa Ketentuan mengenai pengawasan oleh Hakim Pengawas dan Pengamat diatur dalam Pasal 280 ayat (1) KUHAP yang menyatakan “Hakim Pengawas dan Pengamat mengadakan pengawasan guna memperoleh kepastian bahwa putusan pengadilan dilaksanakan sebagaimana mestinya”.

Dan untuk memastikan apakah para narapidana dan tahanan telah memperoleh kepastian sesuai keputusan pengadilan, Hakim pengawas dan tim langsung bertemu dan bertanya kepada narapidana dan tahanan yang sedang menjalani putusan pengadilan tersebut.

“Selain mempertanyakan apakah narapidana dan tahanan telah menjalani hukuman sesuai dengan berkas yang diputus pengadilan, kita juga mempertanyakan kegiatan sehari-hari mereka guna melakukan pembinaan di lapas”.ungkap Alfath

Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Panyabungan kepada MNC Trijaya Madina menyampaikan, kita dari lapas Panyabungan hanya sebagai fasilitator untuk mempertemukan antara Hakim pengawas dan narapidana atau tahanan.

“Kegiatan pengawasan oleh hakim PN Madina ini untuk mengetahui apakah narapidana dan tahanan telah menjalani hukuman sesuai dengan keputusan pengadilan.

Dan bagaimana saja selama ini narapidana menjalani masa pidananya di Lapas dan bagaimana perlakuan petugas lapas kepada para narapidana atau tahanan”.paparnya mengakhiri. (007)

Komentar

News Feed