oleh

Ketua TP PKK Kabupaten Mandailing Natal Tinjau Pelaksanaan Posyandu di Kecamatan Bukit Malintang

-Daerah-173 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (23/08)(Bukit Malintang) – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Mandailing Natal, Nyonya Hj. Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution melakukan kunjungan kerja dalam rangka peninjauan Pelaksanaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Huta Bangun Kecamatan Bukit Malintang, Senin (23/8/2021). Pada kunjungan tersebut, Ketua TP. PKK Kabupaten Mandailing Natal didampingi beberapa pejabat terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, diantaranya adalah Kepala Dinas Kesehatan, dr. Syarifuddin Nasution, Camat Bukit Malintang, Syukur Soripada, Kepala Desa Huta Bangun, Marataon, sejumlah Pengurus TP. PKK, dan petugas dari Puskesmas Bukit Malintang.

Sebagaimana dilaporkan Kepala Desa Huta Bangun, bahwa di wilayahnya tersebut memiliki 160 Kepala Keluarga dan pelaksanaan Posyandu ini dilaksanakan secara rutin yaitu sekali dalam 1 bulan, dengan jam pelayanan mulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan jam 12.30 WIB. Adapun target pelayanan posyandu adalah balita dan ibu hamil.

ptsmmhutmadina

Dalam pelaksanaan Posyandu kali ini ini terlihat 5 meja pelayanan yang masing-masing meja di koordinir oleh Petugas Kesehatan dari Puskesmas Bukit Malintang. Pada meja pertama difungsikan untuk penerimaan pendaftaran pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Di meja kedua difungsikan untuk proses penimbangan berat badan balita. Sedangkan meja ketiga difungsikan untuk pencatatan derajat kesehatan masyarakat yang berobat. Selanjutnya di meja keempat difungsikan untuk kegiatan edukasi dan sosialisasi berupa penyuluhan kesehatan serta di meja kelima difungsikan untuk kegiatan imunisasi balita.

Ketua TP. PKK Kabupaten Mandailing Natal, Nyonya Hj. Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution, dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan Posyandu akan selalu didukung oleh TP. PKK, karena memberikan pelayanan kesehatan kepada balita dan ibu hamil, sekaligus berharap kegiatan ini harus dilaksanakan sesuai prosedur yang dianjurkan Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal.

“Izinkan saya mewakili TP. PKK Kabupaten Mandailing Natal dalam kesempatan ini mengucapkan rasa terima kasih kepada Muspika Bukit Malintang atas persiapan dan pelaksanaan kegiatan ini. Perlu sama-sama kita kehatui Posyandu ini merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan untuk masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi,” Ujar Ketua TP. PKK Kabupaten Mandailing Natal.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan diantaranya dengan memakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki acara, terlihat Ketua TP. PKK Kabupaten Mandailing Natal berpesan kepada seluruh warga masayarakat Desa Huta Bangun Kecamatan Bukit Malintang agar selalu sadar untuk mengikuti anjuran pemerintah tentang penerapan protokol keseahatan seraya mengajak seluruh tamu undangan yang hadir untuk sama-sama berdoa agar pandemi covid-19 segera berakhir.

Diakhir acara terlihat Ketua TP. PKK Kabupaten Mandailing Natal menyerahkan bantuan berupa susu SGM, susu ibu hamil dan Roti balita kepada masyarakat Desa Huta Bangun Kecamatan Bukit Malintang khususnya diperuntukkan bagi ibu hamil dan para balita yang mendapatkan pelayanan kesehatan di kegiatan tersebut. (23/08)(009)

Komentar

News Feed