oleh

Kesadaran Masyarakat Menggunakan Masker Masih Rendah di Kota Panyabungan

-Daerah-381 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (16/04)(Panyabungan) – Kesadaran masyarakat untuk memakai masker saat keluar rumah sesuai dengan imbauan pemerintah, di kota Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) terbilang masih rendah. Hal tersebut terlihat dari masih banyaknya masyarakat yang tidak mengenakan masker khususnya saat berada di jalan raya kota Panyabungan yang merupakan ibukotanya Kabupaten Madina. Padahal, sudah jelas imbauan dari pemerintah adalah mengenakan masker saat keluar rumah.

Menurut pantauan media ini, tingkat atau angka kesadaran masyarakat kota Panyabungan memakai masker terbilang rendah. Angkanya saat ini baru sekitar 40 sampai 45 persen yang sadar perlunya menggunakan masker di saat wabah Corona merajalela.

ptsmmhutmadina

Sementara edukasi dan sosialisasi telah dilakukan agar masyarakat tahu bahwa ada anjuran pemerintah wajib mengenakan masker saat keluar rumah demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Presiden Joko Widodo juga pernah menyampaikan wajib seluruh warga untuk mengenakan masker meski kondisinya sehat.

Penggunaan masker bisa melindungi diri dari droplet yang menjadi penyebab utama dalam penularan Covid-19. Karenanya, menggunakan masker bagi warga yang sehat juga menjadi salah satu ikhtiar agar tidak terpapar virus corona. Jadi, penggunaan masker ini sangat penting sekali pasalnya apabila sedang berada di dekat dengan orang lain, setidaknya lebih aman dibandingkan tidak menggunakan masker sama sekali.

Sementara, Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution mengatakan sudah ada keharusan warga Madina memakai masker saat keluar rumah.

“Seharusnya wajib pakai masker, dan tadi sudah dibahas bersama Forkopimda bagaimana mengatasi ini,” Kata Drs Dahlan Hasan Nasution saat konferensi pers, Rabu sore (15/4/2020) usai melakukan pertemuan dengan Forkopimda di Aula Kantor Bupati Madina.

Dalam kesempatan itu, Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Madina untuk meningkatkan kewaspadaan, dalam menghadapi virus corona (Covid 19).

Drs Dahlan Hasan Nasution menerangkan saat ini Kabupaten Madina masih dalam kategori zona hijau.Walau pun begitu untuk mengantisipasi hal ini, Pemkab Madina telah mempersiapkan bangunan rumah sakit yang baru dibangun.(16/04)(Joki Nasution)

Komentar

News Feed