oleh

Jelang Ramadhan, TPU di Madina Ramai Peziarah

-Daerah-157 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (09/04)(Panyabungan) – Seperti tahun sebelumnya, jelang memasuki bulan suci Ramadhan, warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mulai menggelar tradisi berziarah ke kuburan kerabat mereka yang sudah lebih dulu meninggal dunia.

Sejumlah permakaman umum di Kabupaten Madina mulai didatangi para peziarah. Salah satu lokasi permakaman umum yang ramai dikunjungi warga yakni Taman Permakaman Umum (TPU) Sipolu Polu Lintas Timur Kecamatan Panyabungan.

ptsmmhutmadina

Dari pantauan MncTrijaya, TPU ini sudah lebih dahulu dibersihkan dan ramai didatangi peziarah dari berbagai daerah kerabat yang duluan meninggal dunia. Saat berziarah, warga tampak membawa taqtim, sapu, air mineral dan tikar yang sudah disediakan pengurus TPU setempat. Setiba di makam kerabat mereka, mereka mengawali dengan membersihkan makam lalu membaca surat Yazin dan berdoa, selanjutnya
meletakan bunga yang mereka bawa serta menyiramkan pusara dengan mengunakan air mineral.

Rida Permata salah satu peziarah ke TPU ini mengatakan bersama dengan keluarganya dari Desa Lumban Dolok Kecamatan Panyabungan Selatan datang berziarah ke makam kerabatnya. Tradisi ini rutin mereka lakukan jelang memasuki bulan suci ramadhan.

“Kami melakukan tabur bunga jelang bulan suci ramadhan sekaligus mendoakan almarhum yang ada di sini,” ucap Rida Permata yang didampingi suaminya, Jum’at (9/4/2021).

Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus TPU dan warga Sipolu Polu yang sangat peduli dengan kebersihan TPU diwilayahnya. (09/04)(Joki Nasution)

Komentar

News Feed