oleh

Jadikan Sumpah Pemuda Sebagai Tonggak Baru Hadapi Tantangan Generasi Muda

-Daerah-244 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (27/10)(Panyabungan) – Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini sejatinya harus dapat menjadi tonggak baru para pemuda dalam kerangka memantapkan dan mengkonsolidasikan langkah terbaik dan nyata bagi bangsa dan negara.

Demikian dijelaskan Wakil Ketua Gerakan Pemuda Al Washliyah Madina, Aldino Yusuf kepada pers (24/10) saat dimintai tanggapannya terkait kondisi kepemudaan jelang peringatan Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021.

ptsmmhutmadina

“Peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, harus mampu menjadi cemeti sekaligus pengingat kepada kita semua bahwa 93 tahun yang lalu anak muda telah melahirkan tonggak baru kesadaran baru untuk berbangsa, berbahasa dan bertanah air yang satu yakni Indonesia” sebutnya.

Aldino yang juga Bendahara DPD KNPI Madina ini menjelaskan Sumpah Pemuda 93 Tahun yang lalu itu merupakan bukti peran nyata pemuda dalam melahirkan satu kesatuan pemikiran dan pandangan besar dan visi kebangsaan yang jauh melampaui jamannya, hingga bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya pada tahun 1945, serta menjadi landasan bagi Indonesia masa depan yang akan kita songsong bersama.

Aldino juga menyerukan pentingnya persatuan dan kesatuan generasi muda demi terwujudnya Indonesia maju. Pemuda Indonesia memiliki kewajiban yang sama untuk bersama sama dan bekerja sama dalam merawat keindonesiaan dan kebangsaan. Keindonesiaan harus selalu dijaga dengan semangat solidaritas dan rasa persaudaraan.

“Kita harus saling membantu satu sama lain dalam semangat solidaritas. Tidak ada Jawa, tidak ada Sumatera, tidak ada Sulawesi, tidak ada Papua, yang ada adalah saudara sebangsa dan setanah air,” tegasnya

” Adanya perbedaan suku, agama, ras, status sosial, keyakinan agama, pandangan politik dan sebagainya tidak harus membuat kita berbeda karena kita semua memiliki kepentingan dan tujuan bersama untuk selalu menjaga tegak utuhnya NKRI ” urai pria kelahiran Huta Siantar tersebut.

Sumpah Pemuda sebutnya harus menjadi energi positif yang menyatukan seluruh kekuatan komponen kepemudaan dalam kerangka mendarma baktikan peran bagi kemashlatan bangsa dan negara.

Terkait peran pemuda dimasa pandemi dewasa ini, Aldino menambahkan bahwa pemuda dituntut melahirkan terobosan melalui inovasi dan kreatifitas untuk menjawab transformasi zaman yang perubahannya sedemikan cepat.

“Pemuda harus mampu menjawab hal ini dengan solusi.Masa masa sulit ini harus menjadi pembelajaran, penguatan mental dan karakter serta kreatifitas dan inovasi harus dikedepankan” ujarnya.

Sangat penting menurutnya pemuda untuk meningkatkan kompetensi melalu peningkatan sumber daya manusia sebab saat ini Revolusi 4.0 sudah berjalan dan Society 5.0 sudah didepan mata.

“Suka atau tidak suka tantangan pemuda kedepan akan semakin kompetitif, kita harus persiapkan diri supaya jangan tergilas dengan kemajuan zaman” tutupnya. (27/10)(009)

Komentar

News Feed