oleh

Ilegal Mining Bisa Picu Banjir Batang Natal

-Daerah-137 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (07/02) (Panyabungan) -Aktivis Muda juga Eks Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Ali Sahnan Siregar mengungkapkan bahwa penambangan emas ilegal ( Ilegal Mining) di Kabupaten Mandailing Natal khusus nya di Kecamatan Batang Natal bisa menjadi pemicu seringnya Daerah itu itu dilanda banjir bercermin dari kejadian 2018 silam.

“Tolong bahan bakar minyak untuk alat berat jangan lagi dijual ke penambang emas liar, itu saja cukup men-Stop aktivitas Tambang ilegal itu” kata Sahnan kepada MNC Trijaya, Minggu, (07/02/2021)

SOMAN

Selain curah hujan yang tinggi sejak di daerah tersebut dibanding daerah lain, Sahnan memastikan banjir yang melanda sekitar kecamatan Batang Natal itu akibat rusaknya lingkungan karena banyak penambangan emas ilegal di sepanjang sungai Batang Natal ditambah rusaknya hutan di hulu sungai dan sepanjang Sungai

“Ini akibat pengrusakan lingkungan yang dilakukan secara besar-besaran oleh para penambang emas ilegal. Banyak lokasi yang dirusak dan itu sangat dekat dengan permukiman warga,” Sambung Sahnan

Selain itu, daerah resapan air menurutnya tidak mampu lagi menampung air karena kawasan hutan penyangga juga rusak karena dirambah, akibatnya sungai yang ada ikut meluap.

“Bercermin dari kejadian 2018 silam, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina pada, Minggu 23/09/2018 di terbitkan Medanheadlines. Com di Kabupaten Madina melalui Kadis BPBD Madina, M Yasir Nasution mengatakan ada 10 titik longsor di jalan provinsi di Kecamatan Batang Natal yang sempat membuat lumpuh transportasi selama beberapa jam” Sambung Sahnan mengutip data yg di bacanya.

” Untuk kerusakan Sementara ada 13 unit rumah yang rusak di Desa Jambur Baru terdiri 3 rusak berat 10 rusak ringan tidak ada korban jiwa,” ungkapnya lagi dari data yg tertulis di media itu.

Apalagi terlihat banyak lahan yg rusak di sepanjang sungai bekas galian alat berat di tinggal begitu saja yg bisa menyebabkankan banjir.

“Saya berharap Praktek Tambang ilegal ini segera di perhatian dan tindakan pemerintah dan yg berwenang sebelum ada korban jiwa dan korban materi untuk warga sekitar dan penikmat tambang ini” Harap Sahnan.(07/02)(Bakty Wijaya).

Komentar

News Feed