oleh

IGRA Madina Gelar Bimbingan Manasik Haji di Masjid Agung Nur Alan Nur

-Daerah-232 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (16/02) (Panyabungan) – Pengurus Daerah (PD) Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar kegiatan peragaan dan bimbingan manasik haji RA se-Kabupaten Madina di Masjid Agung Nur Alan Nur, Jalan Aek Godang, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Rabu (16/2/2022).

Kegiatan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pembelajaran terkait rangkaian ibadah haji bagi anak usia dini ini dibuka oleh Asisten III Setdakab Madina Sahnan Batubara.

ptsmmhutmadina

Harun Ar-Rasyid, ketua panitia, melaporkan kegiatan peragaan dan bimbingan manasik haji tersebut digelar selama 4 hari, 16 – 22 Februari 2022. Untuk gelombang pertama, kata Harun, diikuti 333 peserta dari 5 sekolah.

Harun mengungkapkan, jumlah murid RA se-Kabupaten Madina mencapai 1.109 orang dan 116 orang pembimbing. Sehingga, kegiatan peragaan dan bimbingan manasik haji ini akan diikuti 1.225 peserta.

“Kami berterima kasih kepada seluruh organisasai pemerintah yang telah membantu, sehingga kami bisa menyelenggarakan acara ini dengan penuh kebahagiaan. Alhamdulillah, harapan yang seharusnya satu tahun belakangan ini dapat kita wujudkan,” katanya.

Sementara Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Sahnan Batubara berharap kegiatan peragaan dan bimbingan manasik haji tersebut dapat berlangsung hikmad sesuai yang diharapkan.

Sahnan mengatakan, kegiatan peragaan dan bimbingan manasik haji pada anak usia dini merupakan upaya mengimplementasikan rukun Islam yang kelima.

“Tujuannya untuk membantu pemahaman nilai-nilai tatanan sejak dini untuk dijadikan acuan masa depan, sehingga tertanam ajaran agama yang lebih baik. Ketika mereka dewasa nanti, anak-anak akan memahami nilai-nilai agamis atau religius,” katanya.

Selain itu, Sahnan juga berharap kegiatan praktek manasik haji dapat mendorong peserta didik untuk lebih bertaqwa, sehingga kedepannya dapat menjadi anak yang soleh dan solehah.

Kegiatan peragaan dan bimbingan manasik haji bagi anak usia dini, menurut Sahnan, merupakan pendidikan fundamental bagi anak usia emas. Artinya, memberikan pemahaman karakter dalam pembentukan kepribadian anak menuju generasi bangsa yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia. (16/02)(009)

Komentar

News Feed