oleh

Gugat Ke MK, KPU Tunda Hasil Penetapan Pilkada Madina

-Daerah-194 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (29/04) (Panyabungan)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) menunda hasil penetapan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) 2020 – 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 April lalu.

Informasi yang dihimpun MNC Trijaya Madina, penundaan tersebut disebabkan karena tim paslon 02 Drs H Dahlan Hasan Nasution – H Aswin Parinduri (Dahwin) mendaftarkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) menolak hasil PSU yang dilakukan di 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni TPS 001 Desa Bandar Panjang Tuo Kecamatan Muara Sipongi dan TPS 001 dan 002 desa Kampung baru kecamatan Panyabungan Utara.

ptsmmhutmadina

Ketua KPU Kabupaten Madina, Fadillah Syarief SH kepada MNC Trijaya Madina, kamis (29/4/2021) menjelaskan pihaknya telah menerima informasi terkait permohonan gugatan pasangan Dahlan-Aswin yang diterima oleh MK di Jakarta.

“kita telah mendapat pemberitahuan soal permohonan gugatan Paslon Dahlan-Aswin ke MK. Karena MK sudah menerima permohonan tersebut pada Rabu (28/04/2021). maka jadwal penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih kita tunda dulu. Dan kami akan menunggu informasi berikutnya dari MK”.ungkapnya

Syarief juga menjelaskan bahwa terkait permohonan serupa juga terjadi di beberapa daerah yang saat ini mengikuti PSU.

“selain Kabupaten kita,  daerah lain yang mengikuti PSU ada juga yang memasukkan permohonannya ke MK. Artinya kita saat ini menunggu apa hasil kajian dari MK. Kalau diterima dan dilanjutkan, kami sifatnya menunggu keputusan MK saja”.tandasnya

Berdasarkan hasil rapat pleno KPU Madina tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pasca PSU, paslon urut 01, Sukhairi-Atika memperoleh suara akhir sebanyak 79.156, paslon urut 02, Dahlan-Aswin memperoleh 79.002 suara, dan paslon urut 03, Sofwat-Zubeir memperoleh 44.949 suara.

Maka dari hasil perhitungan tersebut diketahui selisih 154 suara dan menempatkan pasangan Sukhairi-Atika (SUKA) sebagai pasangan yang unggul pasca PSU. (007)

Komentar

News Feed