oleh

Fositif Corona, 1 Warga Warga Tangsel Di Rujuk Ke RS Marta Friska Medan

-Daerah-382 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (06/06) (Panyabungan) – Seorang warga Tangerang Selatan Kabupaten Banten Provinsi Jawa Barat ARL (55) yang pulang kampung untuk melayat orangtuanya yang meninggal di Desa Muara Soro Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal (Madina), dinyatakan positif Coronavirus Disease (Covid-19) ketika hendak mengurus surat kesehatan bebas Covid-19 yang akan beliau gunakan untuk kembali ke Tangerang Selatan yang hasil swab testnya dikeluarkan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut pada tanggal 3 Juni 2020.
Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Syarifuddin Nasution, Kepala Dinas Kominfo, Drs Sahnan Pasaribu dan staf ahli, Mukhtar Afandi Lubis, S. Sos saat dikonfirmasi media, Jum’at (05/06/2020) menjelaskan bahwa ARL mempunyai riwayat perjalanan dari Kota Tangerang Selatan datang ke Madina untuk melayat ibunya yang meninggal dunia di Desa Muara Soro Kecamatan Kotanopan, dan ARL tiba di desa Muara Soro tempat tinggal orangtuanya itu pada tanggal 19 Mei 2020.
Dan, sewaktu ingin kembali ke Tangerang Selatan, ARL mengambil surat keterangan bebas Covid-19 ke Puskesmas Kotanopan. Setelah dilakukan pemeriksaan, hasilnya ARL terindikasi virus Covid-19. Lalu, oleh petugas medis ia dirujuk ke RSU Panyabungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Hasil pemeriksaan rapid test ARL dinyatakan reaktif. Selanjutnya dia dirujuk ke RSU Martha Friska Medan. Kemudian saat diambil sampel swab dilakukan pemeriksaan PCR, hasilnya positif COVID-19″.paparnya
Lanjut Bupati, ARL tergolong yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) karena beliau tidak ada mengalami gejala seperti PDP. Setelah menerima hasil swab barulah kita ketahui ternyata beliau positif Covid-19.
Setelah mengetahui itu, kemudian tim satuan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Madina melakukan pemeriksaan rapid test kepada keluarga dekat ARL selama berada di Desa Muara Soro Kotanopan. Dan terhitung mulai tanggal 19 Mei sudah ada 150 orang yang sudah dilakukan pemeriksaan
“mengetahui itu, Kita telah bergerak cepat, dan tim gugus tugas langsung melakukan pemeriksaan pada kerabatnya dan yang kontak langsung. berkisar150 orang sudah diperiksa, hasilnya ada 27 orang terindikasi OTG yang pernah kontak langsung dengan pasien dan sudah dilakukan isolasi. Tim gugus tugas sudah melakukan penanganan di desa Muasa Soro dengan melakukan penyemprotan disinfektan, serta petugas medis kita langsung melakukan penanganan intensif disana”.pungkasnya
Bupati Madina, Drs H Dahlan Hasan juga mengimbau agar seluruh warga yang merasa ada merasakan gejala atau yang datang ke Madina agar secara sadar diri dan ikhlas untuk melaporkan dirinya untuk dilakukan isolasi mandiri demi menjaga Kabupaten Madina ini bebas wabah dari Covid-19 ini. (007)

Komentar

News Feed