oleh

Dukcapil Madina Akan Terapkan Identitas Kependudukan Digital

-Daerah-145 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (23/11) (Panyabungan) – kegiatan jemput bola dan pelayanan keliling , Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Mandailing Natal terus di laksanakan. Data Dukcapil terus di genjot untuk Menunjang persiapan Pemilu 2024.

Kegiatan Pelayanan Perekaman Keliling ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan,setiap warga berhak mendapatkan indentitasnya di Data kependudukan namun mereka belum bisa datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mandailing Natal.

ptsmmhutmadina

Saat ini Dukcapil Madina untuk pelayanan keliling fokus ke sekolah-sekolah melakukan perekaman e-KTP siswa yg sudah berumur 16 tahun keatas dan Kartu Identitas Anak ( KIA) untuk Siswa Sekolah Dasar ( SD) dan Siswa Taman Kanak-kanak (TK).

Hal itu di ungkapkan Kepala Dinas Dukcapil Kab. Madina Ridwan Nasution S.Sos di Kantor nya, Rabu, (23/11/2022).

“Perekaman e-KTP siswa yg sudah berumur 16 tahun keatas dan Kartu Identitas Anak ( KIA) untuk Siswa Sekolah Dasar ( SD) dan Siswa Taman Kanak-kanak (TK)” ungkap Ridwan

Ridwan menjelaskan sudah beberapa sekolah di datangi dan melakukan Perekaman e-KTP.

Dukcapil Madina juga melakukan pelayanan keliling untuk masyarakat dan pelayanan tersebut sudah lama di lakukan.

Seterusnya Ridwan juga menjelaskan Melakukan pelayanan untuk Orang Terlantar dan Perekaman Disabilitas Untuk Lengkapi Identitas.

“Adapun kegiatan ini ditujukan bagi Masyarakat Rentan Adminduk dengan turun langsung ke rumah warga yang mengalami keterbatasan fisik, sehingga tidak bisa datang ke kantor Dukcapil sehingga mendapatkan identitas nya secara elektronik.

“Masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya Kegiatan Pelayanan Keliling ini, dikarenakan masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab .Madina Masyarakat hanya datang ke Kantor kelurahan ,Desa ataupun langsung kita datangi ke rumah,” lanjut Ridwan

Ridwan juga menjelaskan cara agar Dukcapil Madina bisa turun ke desa melayani masyarakat yang penyandang disabilitas atau warga yg sudah tua ( jompo) yg belum tercatat di Dukcapil agar kepala Desanya buat permohonan tentang keberadaan identitas warganya , kemudian Dukcapil Madina akan turun ke desa melakukan perekaman e-KTP dan lainnya.

Untuk warga yg langsung mengurus berkas ke Kantor Dukcapil Madina akan selesai selambat-lambatnya selesai 1 jam jika tidak ada gangguan jaringan dan permasalahan lain.
Segala urusan berkas Dukcapil tidak di pungut biaya apapun alias gratis baik langsung ke Kantor maupun pelayanan keliling.

Dukcapil Madina sudah melakukan ujicoba Kios Dukcapil Desa, Semua pelayanan di kerjakan desa pencetakan di desa kecuali KTP,

“Kios Desa sudah di lakukan di desa, namun pada bulan Februari 2022 Dukcapil ada migrasi Aplikasi sehingga terhenti kemudian pada tahun 2023 akan di gelar kembali. Uji coba Kios Desa ini sudah di laksanakan di 10 desa pada beberapa kecamatan di Madina. Aplikasi nya ada didesa Semua proses input data di lakukan di desa oleh petugas di desa kemudian kirim ke Dukcapil dan seterusnya nya di cetak di desa” sambung Ridwan.

Dukcapil Madina dan Dukcapil di Indonesia sudah menerima surat pemberitahuan Stok Blangko e-KTP dari Kemendagri Direktorat Jenderal Pendudukan dan catatan Sipil.

” Kita sudah dapat pemberitahuan Stok Blangko e-KTP dari Kemendagri Direktorat Jenderal Pendudukan dan catatan Sipil yg intinya untuk penerbitan e-KTP yg baru kepada pemilik Hp android untuk Identitas Kependudukan Digital sehingga Stock blangko bisa di dahulukan untuk Warga yg belum memiliki e-KTP” pungkas Ridwan. (Bakty Wijaya)

Komentar

News Feed