oleh

DPPKB Madina Penyuluhan Pencegahan Stunting Di Hutabargot

-Daerah-133 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (27/07) ( Mandailing Natal) – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mandailing Natal (DPPKB Madina) lakukan penyuluhan Guna mengatasi permasalah gizi ganda seperti kekurangan gizi, wasting, stunting pada balita dan anemia pada ibu hamil dan remaja di 9 Kecamatan.

Kesepuluh Kecamatan tersebut yakni Ulu Pungkut, Pakantan, Lembah Sorik Marapi, Panyabungan Barat, Panyabungan Kota, Hutabargot, Siabu, Naga Juang, Panyabungan Utara dan Kecamatan Bukit Malintang.

BNNCOVID19

“penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada ibu hamil dan remaja pranikah tentang dampak dan penyebab stunting”. sebut Kepala DPPKB Maduna, Adnan Harahap, SH MM kepada MNC Triajaya Mandailing Natal, Senin (27/07/2020) disela penyuluhan pencegahan stunting di Kecamatan Hutabargot.

Adnan menjelaskan, stunting adalah suatu kondisi dengan tinggi badan seseorang yang lebih pendek dibanding tinggi badan orang lain pada umumnya. 

“Adapun penyebab anak terkena stunting adalah faktor gizi buruk dan faktor penyakit lain, seperti diare”.ungkapnya

Lalu sambungnya, Penyakit stunting ini juga memiliki dampak yang sangat buruk kepada si penderita. Selain bentuk tubuh anak yang pendek, perkembangan otak anak juga bakal menurun 30 persen dari anak-anak normal lainnya.

“Langkah pencegahan stunting ini dapat dilakukan dimulai dari masa remaja, dimana seorang remaja dapat mempersiapkan dan merencanakan masa depan dan kehidupan berkeluarganya”.tandasnya

Kemudian, selain menggelar penyuluhan terkait stunting, DPPKB Madina juga melaksanakan penyuluhan terkait Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan pembinaan bagi remaja pra nikah.

“dengan adanya penyuluhan ini, kita berharap para remaja pranikah nantinya dapat mencegah pernikahan dini dan dapat menghindari pergaulan bebas”.pintanya

Ditambahkannya, program nasional ini nantinya juga akan digelar di 23 kecamatan yang ada di kabupaten Madina ini. Dan sementara ini DPPKB Madina baru melaksanakan penyuluhan di 10 kecamatan, dan akan menyusul 13 kecamatan lagi. (007).

Komentar

News Feed