oleh

DPC LSM PAKAR Madina Menyayangkan Kementerian ESDM Memberikan Izin Operasi Pada PT SMGP

-Daerah-380 views

MNC Trijaya Mandailing Natal (24/02)(Panyabungan)- Gomgom Tambunan menilai Pemberian Izin Operasional Kembali PT SMGP ( Sorik Merapi Geothermal Power) oleh Dirjen EBTKE ( Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi) terlalu dipaksakan setelah merenggut 5 korban jiwa dan puluhan sempat dirawat di Rumah Sakit.

Terlalu cepat surat ini keluar untuk operasional perusahaan PT.SMGP, sementara penyelidikan dan penyidikan terhadap kejadian sehingga menyebabkan warga masyarakat meninggal dunia belum selesai. Hal itu di ungkapkan Gomgom Tambunan Ketua DPC LSM PAKAR ( Pembela Kemerdekaan Rakyat) Madina, Rabu, ( 24/02) di Panyabungan.

ptsmmhutmadina

” Aktivitas yang di duga di sengaja oleh perusahaan saat uji buka sumur (well discharge) yang menyebabkan paparan gas beracun H2S (Hydrogen Sulfida) sehingga mengakibatkan 5 orang meregang nyawa dan puluhan lainnya dirawat secara intensif. Ini praktek mal operasional dan pelanggaran berat ( Standar Operasional Prosedur) SOP sesuai hasil Tim investigasi Kementerian ESDM. Paparan H2S ini menyebabkan kematian beberapa warga sekitar Lokasi Perusahaan tersebut jadi Hukum terkesan Tajam Kebawah Tumpul Keatas. Mari Selaraskan dengan adagium “Salus Populi Suprema Lex Esto” atau keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi” Ungkap Gomgom

LSM PAKAR harap ESDM tinjau kembali atas izin yg di berikan kembali. Pasalnya, belum selesai Penyelidikan dan penetapan tersangka atas kasus ini sudah terbit kembali izinnya ini layak di bekukan kembali sebelum selesai penyelidikan.

“Ada apa dengan ini? Apakah ada kaitannya sudah Kong kali Kong antara PT. SMGP dengan pihak lain yg ikut andil dalam perusahaan tersebut? Sungguh sangat di sayangkan sikap ESDM” sambung Gomgom.

Izin ini terlalu di paksakan untuk terbit kembali menurut Gomgom.

” Seberapa Rugikah PT. SMGP jikalau tidak beroperasi perharinya sehingga kesannya terlalu di paksakan oleh pihak perusahaan merebutnya kembali izin operasinya? ” Lanjut Gomgom

Seterusnya Gomgom Berharap ke Pemerintah Daerah Mandailing Natal kaji ulang Izin Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) pada PT. SMGP yg beroperasi di pemukimamn warga. (24/02)( Bakty Wijaya).

Komentar

News Feed